Customer Value–Driven Marketing Strategy: Creating Value for Target Customers

Customer Value–Driven Marketing Strategy: Creating Value for Target Customers

Objectives Outline

  • Objective 1 Define the major steps in designing a customer value–driven marketing strategy: market segmentation, targeting, differentiation, and positioning. Marketing Strategy (pp 212–213)
  • Objective 2 List and discuss the major bases for segmenting consumer and business markets. Market Segmentation (pp 213–221)
  • Objective 3 explain how companies identify attractive market segments and choose a market-targeting strategy. Market Targeting (pp 221–228)
  • Objective 4 Discuss how companies differentiate and position their products for maximum competitive advantage. Differentiation and Positioning (pp 228–236)

1 Comment

  1. Nama : Sugeng Prasetyo
    NIM : 312023001
    Prodi : Administrasi Bisnis
    Sesi Ke 2

    Strategi Pemasaran Berbasis Nilai Pelanggan: Menciptakan Nilai bagi Pelanggan Sasaran

    Segmentasi Pasar

    Segmentasi adalah proses membagi pasar menjadi kelompok konsumen yang berbeda dengan kebutuhan, sifat, atau perilaku yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau strategi pemasaran yang berbeda.

    Salah satu contoh segmentasi pasar adalah ketika Anda misalnya ialah seorang produsen produk kosmetik. Kemudian, Anda ingin produk tersebut menjangkau pasar lebih luas dengan menjadikannya sebagai produk favorit dari berbagai kalangan, termasuk remaja.

    Strategi pemasaran adalah rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan memahami kebutuhan pelanggan dan menciptakan keunggulan kompetitif yang berbeda dan berkelanjutan.

    Pasar sasaran adalah sekelompok orang tertentu dengan karakteristik bersama yang menjadi tujuan pemasaran produk atau layanannya.

    Positioning produk adalah tempat di mana suatu produk masuk ke pasar berdasarkan fitur unik dan keunggulan kompetitifnya dibandingkan produk pesaing. Ini adalah kunci strategi pemasaran karena menganalisis kebutuhan dan keinginan pasar sasaran. Selain produk itu sendiri, product positioning juga mengenai kesan yang dimiliki konsumen terhadap produk tersebut.

    Apa yang dimaksud dengan positioning produk dan mengapa itu penting?
    Positioning produk berdampak pada persepsi konsumen tentang suatu produk atau merek. Penting untuk memposisikan produk dengan benar dalam pasar untuk menjangkau audiens target.

    Bagaimana Anda membedakannya di pasar?
    Konsumen dapat melakukan diferensiasi secara vertikal maupun horizontal. Artinya, mereka dapat membandingkan dan memilih produk berdasarkan faktor-faktor yang dapat diukur, atau berdasarkan preferensi pribadi. Untuk keputusan besar, mereka mungkin menggabungkan keduanya untuk mengambil keputusan.

    Apa yang dimaksud dengan diferensiasi pasar beserta contohnya?
    Diferensiasi pasar dilakukan konsumen ketika memutuskan produk mana yang akan dibeli. Misalnya, konsumen mungkin menggunakan diferensiasi vertikal dan memberi peringkat restoran berdasarkan pilihan mana yang memiliki pilihan kalori paling rendah. Setelah opsi diberi peringkat, konsumen akan memilih opsi yang berada paling atas dalam daftar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *