Sales Contract

Sales Contract
Businessman handshaking businesswoman as concept of good business deal and respect for new partner, successful partnership and great teamwork, hiring, close up view of male female hands shaking

Pengertian

Sales contract merupakan kesepakatan antara penjual dan pembeli mengenai hak dan kewajiban eksportir dan importir.  Biasanya sales contract disebut juga contract of sale, agreement to sale, atau sales confirmation, dll.  Sales contract merupakan dokumen induk yang akan diikuti oleh kontrak-kontrak lainnya seperti a freighment contract, dll. Dan  sales contract didasarkan pada International Contract Law.

Hak dan kewajiban eksportir dan importir dalam transaksi perdagangan luar negeri wajib disepakati bersama agar tidak terjadi perselisihan. Dengan jelasnya hak dan kewajiban maka ini menjadi pegangan bagi semua pihak.  Sales contract ini juga akan menjadi dasar pegangan bagi bank dalam menerbitkan letter of credit untuk kepentingan importir dan eksportir.

Oleh karena itu keberadaan sales contract wajib adanya. Tujuannya untuk memperlancar transaksi ekspor dan impor. Kepastian pengiriman barang bagi importir dan keamanan pembayaran bagi eksportir akan terjamin dengan adanya sales contract ini.

Baca Juga: Pihak-pihak terkait Ekspor dan Impor

Isi Sales Contract

  1. Jenis dan nomor kontrak
  2. Nama dan alamat importir
  3. Nama dan alamat eksportir
  4. Jenis dan mutu barang yang diperjualbelikan
  5. Cara penyerahan dan pengiriman barang
  6. Harga satuan dan total barang
  7. Kualitas barang
  8. Toleransi atas kualitas dan harga barang
  9. Cara kemasan
  10. Asuransi
  11. Klaim dan cara penyelesaiannya
  12. Dokumen yang dipersyaratkan
  13. Cara pembayaran

Slide: Materi Pertemuan 4

Kesepakatan sales contract

Please visit: Politeknik NSc Surabaya

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *