Learning Objective

  • Describe how employee compensation practices strategically align with overall HR strategy.
  • Use the concepts of reinforcement theory, goal-setting theory, equity theory, expectancy theory, and agency theory to explain how people react to compensation practices.
  • Describe how pay surveys are conducted and used to create compensation-level strategies.
  • Explain job-based pay and skill-based pay approaches to compensation structure.

Employee Compensation

Kompensasi karyawan adalah proses membayar dan memberikan penghargaan kepada orang-orang yang memberikan kontribusi untuk sebuah organisasi. Sebagian besar kompensasi, tentu saja, adalah jumlah uang yang dibawa pulang oleh karyawan, tetapi ada aspek penting lainnya juga meliputi manfaat asuransi, tabungan pensiun, dan lain-lain.

Compensation Motives

1. Reinforcement theory = Sebuah teori psikologi yang menunjukkan bahwa orang termotivasi oleh pendahulunya (isyarat lingkungan) dan konsekuen (penghargaan dan hukuman).

2. Goal-setting theory = Sebuah teori psikologi yang menunjukkan bahwa pilihan sadar individu menjelaskan motivasi

3. Justice theory = Sebuah teori psikologi yang menunjukkan motivasi yang didorong oleh keyakinan tentang keadilan.

4. Expectancy theory = Sebuah teori psikologi yang menunjukkan bahwa orang termotivasi oleh kombinasi dari tiga keyakinan: valensi, perantaraan, dan harapan.

5. Agency theory = Sebuah teori ekonomi yang menggunakan perbedaan kepentingan prinsipal (pemilik) dan agen (karyawan) untuk menggambarkan reaksi terhadap kompensasi

Download materi di sini: Pertemuan 11 MSDM 2015

3 Replies to “Motivating Employees Through Compensation”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *