SARANA MAKAN DAN MINUM

Menurut hasil survey dari biro pusat statistik, pengeluaran terbesar kedua wisatawan mancanegara digunakan untuk keperluan makan dan minum sebesar 17,66% (setelah akomodasi).

Restoran adalah salah satu jenis usaha jasa pangan yang bertempat di sebagian atau seluruh bangunan permanen, dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyajian dan penjualan makanan serta minuman bagi umum di tempat usahanya.
Penggolongan usaha restoran dapat diklasifikasikan menjadi Talam Kencana, Talam Selaka, Talam Gangsa.

Jenis-jenis usaha makan dan minum yang lain diantaranya :
Rumah makan

Tempat usaha komesial yang lingkup kegiatannya menyediakan hidangan dan minuman untuk umum di tempat usahanya. Persyaratan fisik harus memiliki tempat atau ruang makan, ruang dapur pemanas (untuk memanaskan, menyimpan masakan jadi), dan ruang fasilitas makanan.

Jasa boga

Jasa pelayanan makanana dan minuman yang dikelola atas dasar pesanan dan dihidangkan tidak di tempat pengolahan. Usaha ini dapat dilakukan di kendaraan dengna lokasi luar ruang (mobile catering

Kafe

Kafe dari bahasa Perancis cafe’. Secara harafiah kafe berarti tempat bagi seseorang bisa menikmati minum-minum, tidak hanya kopi tetapi juga minuman yang lain. Kalau di Indonesia, kafe berarti tempat sederhana, cukup menarik dan seseorang bisa makan makanan ringan. jadi kafe berbeda dengan warung.

Kedai makan

Usaha yang menyediakan makanan dan minuman untuk umum dan tidak termasuk usaha restoran serta rumah makan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *