SEKRETARIS PROFESIONAL


Sekretaris adalah sebuah profesi administratif yang bersifat asisten atau mendukung. Hal ini merujuk kepada sebuah pekerja kantor yang tugasnya ialah melaksanakan perkerjaan rutin, tugas-tugas administratif atau tugas-tugas pribadi dari atasannya dan atau perusahaan. Pekerja atau karyawan ini biasanya melakukan tugas-tugas seperti mengetik, penggunaan komputer dan pengaturan agenda. Keterampilan Utama yang harus dimiliki seorang Sekretaris meliputi Kesekretarisan, Pengetahuan mesin-mesin kantor, Komunikasi, Manajemen Perkantoran, Korespondesni Indonesia dan English, Filing, Handeling telephone, Handeling Tamu, Interary. Disamping itu dibutuhkan skill yang mendukung yaitu Keyboarding skill dengan komputer, Membuat Korespondensi Indonesia dan English, Handeling telepon, Mencatat pesan dengan steno, Merencanakan perjalanan dinas, Petty cash, Pengelolaan filing, Interview, komunikatif, Etika dan Sikap, juga Presentasi. 

Syarat-Syarat Profesional

Banyak orang cenderung menggambarkan untuk menjadi sekretaris itu harus wanita berpenampilan cantik dan menarik. Anggapan ini jelas salah besar. Karena seorang sekretaris tidak harus selorang wanita dan sekarang sudah banyak sekretaris dipegang oleh kaum laki. Dan kalaupun wanita, tidak selalu harus cantik dan menarik, tetapi memiliki Knowlegde, Skill, dan Attitude.
Secara professional, ada sejumlah syarat seorang sekretaris yang baik.
  1. Personality. Di antaranya sabar, tekun, disiplin, tidak cepat menyerah, berpenampilan baik, jujur, loyal, pandai berbicara, sopan dan bisa menjaga image perusahannya.
  2. General Knowledge. Memiliki kemampuan memadai terhadap segala sesuatu perubahan dan perkembangan yang terjadi, terutama yang berkaitan dengan aktifitas organisasi.
  3. Special knowledge. Memiliki pengetahuan yang berkaitan khusus dengan posisinya sebagai seorang sekretaris.
  4. Skill and technic, di antaranya meliputi kemampuan mengetik, koresponednsi, stenografi (sekarang bukan syarat mutlak) dan filing.
  5. Practice, kemampuan melaksanakan tugas sehari-hari seperti menerima telepon, menerima tamu, menyiapkan rapat, membuat agenda pimpinan dll.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *