Konsep pemasaran sangat penting bagi kalangan dunia usaha agar dapat menarik minat konsumen dengan menawarkan berbagai macam jenis produk/jasa. Tetapi hal yang paling penting adalah bagaimana perusahaan dapat memperlakukan konsumen baru maupun lama agar tetap eksis dan loyal terhadap produk/jasa tersebut. Maka perlu direncanakan suatu pemasaran yang baik, dimulai dari keramahtamahan personil front office perusahaan yang bersangkutan. Karena dari sinilah loyalitas konsumen terhadap perusahaan dibentuk, apabila konsumen tersebut dilayani sebaik mungkin maka sebaliknya ia akan merasa sangat nyaman karena sangat dihargai oleh perusahaan tersebut.Perkembangan konsep pemasaran perusahaan dimulai dari konsep produk, penjualan dan konsep marketing. Konsep ini bertujuan membangun citra dan reputasi, memahami konsumen, dan mendekatkan produk/jasa kepada para konsumen.Manajemen Pemasaran produk/jasa adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, dan distribusi produk/jasa serta gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan pelanggan yang memperoleh kepuasan dan sasaran organisatoris perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain bahwa manajemen pemasaran produk/jasa bertujuan bagaimana perusahaan tersebut bisa merebut hati masyarakat sehingga peranannya sebagai profit centre dapat berjalan dengan baik.Proses pengelolaan dan penjualan produk/jasa dapat dilakukan secara optimal melalui penggerakkan semua sumber daya yang tersedia demi mencapai tingkat rentabilitas yang memadai.
Persepsi konsumen menjadi masalah yang sangat penting untuk menempatkan posisi produk berdasarkan atributnya, karena persepsi merupakan faktor dasar yang mampu mendorong konsumen melakukan pembelian atau membentuk perilaku konsumen.