Upaya promosi dapat meningkatkan penjualan atau setidaknya mencegah penurunan penjualan karena nama merek tetap ada di benak konsumen, konsumen diberi tahu tentang keunggulan produk, dan persepsi kredibilitas produk dapat ditingkatkan.
Bentuk utama dari periklanan adalah surat kabar, majalah, radio, televisi, internet, email, surat langsung, telemarketing, iklan luar ruang, iklan transportasi, dan iklan khusus.
Langkah utama yang terlibat dalam penjualan pribadi adalah:
- mengidentifikasi pasar sasaran,
- menghubungi calon pelanggan,
- membuat presentasi penjualan,
- menjawab pertanyaan,
- menutup penjualan, dan
- tindak lanjut.
Metode promosi penjualan yang paling umum meliputi: - rabat, dimana perusahaan memberikan pengembalian uang langsung kepada konsumen setelah produk dibeli;
- kupon, yang memungkinkan produk dijual kepada konsumen tertentu dengan harga diskon;
- pengambilan sampel, di mana konsumen menerima sampel produk secara gratis;
- pajangan, di mana produk ditempatkan di area toko yang menonjol; dan
- premi, di mana hadiah atau hadiah diberikan gratis kepada konsumen yang membeli produk tertentu.
Perusahaan dapat menggunakan hubungan masyarakat untuk meningkatkan citra produk atau perusahaan. Jenis strategi public relations yang paling umum adalah acara khusus, yang dapat disponsori oleh perusahaan untuk mempromosikan produk tertentu; rilis berita, yang merupakan pengumuman tertulis singkat tentang perusahaan yang diberikan oleh perusahaan kepada media; dan konferensi pers, yang merupakan pengumuman lisan tentang perusahaan yang disediakan oleh perusahaan tersebut kepada media.
Ketika sebuah perusahaan memilih bauran promosi yang optimal untuk digunakan dalam mempromosikan suatu produk, itu mempertimbangkan:
- pasar sasaran, sehingga dapat menggunakan metode promosi yang benar-benar menjangkau pasar sasaran tersebut; dan
- Anggaran promosi, karena hanya metode promosi yang terjangkau yang dapat dipertimbangkan.