Definisi Umum

Etika adalah seperangkat prinsip dan nilai moral yang digunakan orang untuk menjawab pertanyaan tentang benar dan salah. Karena etika juga tentang sistem nilai pribadi kita, ada orang dengan sistem nilai yang berbeda dari kita. Dimana sistem nilai berasal? Apa yang terjadi jika satu sistem nilai berbeda dari yang lain? Untungnya, prinsip panduan universal tertentu adalah disepakati oleh hampir semua agama, budaya, dan masyarakat.

Landasan dari semua prinsip adalah bahwa hak semua orang adalah penting dan tidak boleh dilanggar. Keyakinan ini sangat penting bagi masyarakat beradab; tanpa itu, kekacauan akan memerintah. Saat ini, orang memiliki sedikit kemutlakan moral; mereka memutuskan secara situasional apakah mencuri, berbohong, atau minum dan mengemudi dapat diterima. Mereka tampaknya berpikir bahwa apa pun yang benar adalah yang terbaik bagi individu.

Sumber-sumber Moral

Di antara sumber-sumber dari banyak waktu dan tempat yang berbeda, seperti Alkitab, Etika Aristoteles, King Lear karya William Shakespeare, Al-Qur’an, dan Analects of Confucius, Anda akan menemukan nilai-nilai moral dasar berikut: integritas, rasa hormat terhadap manusia. hidup, pengendalian diri, kejujuran, dan keberanian.

Kekejaman itu salah. Semua agama besar dunia mendukung versi aturan emas: Lakukan kepada orang lain seperti yang Anda ingin mereka lakukan kepada Anda. Dalam kata pengantar untuk Etika dalam Manajemen Perhotelan, diedit oleh Stephen S. J. Hall,11 mantan Dekan Emeritus Universitas Cornell, Robert A. Beck mengajukan pertanyaan ini: “Apakah pemesanan kamar hotel dan kursi maskapai penerbangan yang berlebihan etis? Bagaimana seseorang membandingkan tanggung jawab hukum pemilik penginapan dan manajer maskapai penerbangan dengan kewajiban moral?” Dia juga bertanya, “Apa itu upah yang adil atau wajar? Pengembalian investasi yang adil atau wajar? Apakah adil atau etis untuk membayar karyawan yang lebih rendah untuk kepentingan investor?”

Hubungannya dengan Keputusan

Etika dan moral telah menjadi bagian integral dari keputusan perhotelan, mulai dari pekerjaan (kesempatan yang sama dan tindakan afirmatif) hingga kebenaran dalam menu. Banyak perusahaan dan bisnis telah mengembangkan kode etik yang digunakan semua karyawan untuk membuat keputusan. Ini menjadi perlu karena terlalu banyak manajer yang membuat keputusan tanpa memperhatikan dampak keputusan tersebut pada orang lain.

Kode Etik

Stephen Hall adalah salah satu pelopor etika dalam perhotelan; ia telah mengembangkan kode etik untuk industri perhotelan dan pariwisata, sebagai berikut:

  1. Mengakui etika dan moralitas sebagai elemen tak terpisahkan dalam berbisnis dan akan menguji setiap keputusan dengan standar tertinggi kejujuran, legalitas, keadilan, impunitas, dan hati nurani.
  2. Bertindak secara pribadi dan kolektif setiap saat untuk memberikan penghargaan bagi industri perhotelan dan pariwisata.
  3. Memusatkan waktu, energi, dan sumber daya kami pada peningkatan produk dan layanan kami sendiri dan kami tidak akan merendahkan pesaing kami dalam mengejar kesuksesan kami.
  4. Memperlakukan semua tamu secara setara tanpa memandang ras, agama, kebangsaan, kepercayaan, atau jenis kelamin.
  5. Memberikan semua standar layanan dan produk dengan konsistensi total kepada setiap tamu.
  6. Menyediakan lingkungan yang benar-benar aman dan bersih setiap saat untuk setiap tamu dan karyawan.
  7. Berusaha terus-menerus, dalam kata-kata, tindakan, dan perbuatan, untuk mengembangkan dan mempertahankan tingkat kepercayaan, kejujuran, dan pengertian tertinggi di antara para tamu, klien, karyawan, pemberi kerja, dan masyarakat luas.
  8. Memberikan setiap karyawan di setiap tingkat semua pengetahuan, pelatihan, peralatan, dan motivasi yang diperlukan untuk melakukan tugasnya sesuai dengan standar yang kami terbitkan.
  9. Menjamin bahwa setiap karyawan di setiap tingkatan akan memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan, memajukan, dan dievaluasi dengan standar yang sama seperti semua karyawan yang terlibat dalam tugas yang sama atau serupa.
  10. Secara aktif dan sadar bekerja untuk melindungi dan melestarikan lingkungan alam dan sumber daya alam kami dalam segala hal yang kami lakukan.
  11. Mencari keuntungan yang adil dan jujur, tidak lebih, tidak kurang.

Dan seperti yang Anda lihat, sangat penting bagi profesional perhotelan dan pariwisata di masa depan untuk mematuhi kode ini. Bagian berikut menyajikan beberapa dilema etika dalam perhotelan. Apa yang kamu pikirkan tentang mereka?

Sumber: Walker, J.R., 2021. Introduction to Hospitality. Eight Edition. Pearson Education Limited, UK.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *