Dalam industri perhotelan, pemasaran dan penjualan sering dianggap sama, dan tidak heran. Bagian penjualan adalah salah satu yang paling terlihat di hotel. Staf penjualan menyediakan tur bagi calon klien dan menghibur mereka di makanan hotel dan gerai minuman.
Pemasaran vs Penjualan
Dengan demikian, fungsi penjualan sangat terlihat, sedangkan sebagian besar area nonpromosi dari fungsi pemasaran berlangsung di balik pintu tertutup. Dalam industri restoran, banyak orang mengacaukan pemasaran dengan iklan dan promosi penjualan. Tidak jarang mendengar manajer restoran mengatakan bahwa mereka “tidak percaya pada pemasaran” padahal sebenarnya mereka kecewa dengan dampak iklan mereka.
Pada kenyataannya, penjualan dan periklanan hanyalah dua fungsi pemasaran dan seringkali bukan yang terpenting. Periklanan dan penjualan merupakan komponen elemen promosi dari bauran pemasaran. Unsur bauran pemasaran lainnya selain promosi adalah produk, harga, dan distribusi. Distribusi kadang-kadang disebut tempat, memungkinkan bauran pemasaran disebut sebagai empat Ps. Pemasaran juga mencakup perencanaan, penelitian, sistem informasi, dan pemahaman perilaku pembeli.
4P
Kerangka kerja empat-P meminta para profesional pemasaran untuk memutuskan produk dan karakteristiknya, menetapkan harga. Memutuskan bagaimana mendistribusikan produk mereka, dan memilih metode untuk mempromosikan produk mereka. Misalnya, McDonald’s memiliki produk makanan cepat saji. Ini menggunakan bahan-bahan berkualitas dan telah mengembangkan produk yang dapat dijual. Dengan harga yang diharapkan orang untuk membayar makanan cepat saji.
Kebanyakan orang yang tinggal di daerah perkotaan tidak akan menghabiskan lebih dari 15 menit untuk bepergian ke restoran McDonald. Sebagai bagian dari rencana distribusinya, McDonald’s harus memiliki restoran yang berlokasi strategis ke target pasarnya. Inilah sebabnya mengapa McDonald’s memiliki lebih dari 15.000 restoran di Amerika Utara.
Hal ini memungkinkan McDonald’s memanfaatkan media massa secara efektif, seperti televisi, karena mereka dapat menyebarkan biaya ke banyak restoran. Bauran pemasaran harus seperti itu—campuran bahan untuk menciptakan paket produk/jasa yang efektif untuk pasar sasaran.
Jika pemasar melakukan pekerjaan yang baik dalam mengidentifikasi kebutuhan konsumen, mengembangkan produk yang baik, dan menetapkan harga. Mendistribusikan, dan mempromosikannya secara efektif, hasilnya akan menjadi produk yang menarik dan pelanggan yang puas. Marriott mengembangkan konsep Moxy; Daniel Meyer merancang restoran burger Shake Shack.
Tujuan Pemasaran
Mereka merancang produk yang berbeda, menawarkan manfaat konsumen baru. Pemasaran berarti “menekan sasaran.” Peter Drucker, seorang pemikir manajemen terkemuka, mengatakannya sebagai berikut: “Tujuan pemasaran adalah membuat penjualan menjadi berlebihan. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik. Sehingga produk atau jasa tersebut cocok dengan mereka dan menjual dirinya sendiri.
Ini tidak berarti bahwa penjualan dan promosi tidak penting. Tetapi lebih merupakan bagian dari bauran pemasaran yang lebih besar. Seperangkat alat pemasaran yang bekerja sama untuk menghasilkan pelanggan yang puas. Satu-satunya cara penjualan dan promosi akan efektif adalah jika kita terlebih dahulu menentukan target dan kebutuhan pelanggan. Dan kemudian menyiapkan paket nilai yang mudah diakses dan tersedia.
Sumber: Kotler, P., J. T. Bowen, and S. Baloglu, 2021. Marketing for Hospitality and Tourism. Pearson Education Limited, UK.