Mengelola atraksi dan taman hiburan memiliki banyak kesamaan dengan mengelola bisnis apa pun. Pengelola taman hiburan menggunakan fungsi manajemen utama yang sama (perencanaan, termasuk peramalan, pengorganisasian, pengambilan keputusan, dan pengendalian).

Perencanaan melibatkan semua jenis perencanaan yang terbagi dalam dua judul: strategis (jangka panjang) dan taktis (jangka pendek). Contoh perencanaan strategis adalah menentukan wahana tema apa yang akan dibangun sebagai daya tarik utama berikutnya atau merencanakan taman baru di negara lain. Contoh perencanaan taktis akan meramalkan kehadiran taman untuk bulan depan sehingga departemen dapat staf dengan benar.

Pengorganisasian adalah mengatur segala sesuatu: siapa yang akan melakukan apa, oleh siapa, kapan, dan di mana. Misalnya, taman hiburan membutuhkan struktur yang harus diatur untuk mengelola prosesnya.
Tim manajemen dikumpulkan dan diberikan tugas mereka. Seseorang mengelola reservasi dan penerimaan, wahana, restoran dan layanan makanan, toko suvenir, pemeliharaan, pemasaran, sumber daya manusia, serta akuntansi dan keuangan. Setiap manajer departemen memiliki tugas harian, mingguan, dan bulanan yang menyusun pengorganisasian taman untuk memaksimalkan efisiensi dan efektivitas operasional. Bagan organisasi menunjukkan siapa melapor kepada siapa dan memberikan representasi visual dari pengoperasian taman.

Pengambilan keputusan bisa cepat dan mudah untuk banyak keputusan terprogram—keputusan yang terjadi secara teratur, memungkinkan keputusan ditangani dengan respons terprogram. Misalnya, ketika persediaan suatu barang turun di bawah titik pemesanan ulang, respons terprogram adalah memesan jumlah yang telah ditentukan sebelumnya untuk mengembalikan stok ke nilai nominal.

Jenis pengambilan keputusan lain yang lebih rumit adalah tidak terprogram—yang tidak berulang dan disebabkan oleh keadaan yang tidak biasa. Salah satu contoh keputusan tidak terprogram adalah situasi dengan informasi yang tidak lengkap—sebagai contoh, program hubungan tamu atau sistem point-of-sale mana yang akan diinstal.

Langkah Pengambilan Keputusan

Proses pengambilan keputusan terdiri dari delapan langkah berikut:

  1. Identifikasi masalah dan definisi masalah
  2. Identifikasi kriteria keputusan
  3. Alokasi bobot pada kriteria
  4. Pengembangan alternatif
  5. Analisis alternatif
  6. Pemilihan alternatif
  7. Implementasi alternatif
  8. Evaluasi efektivitas keputusan

Mengontrol adalah bagian penting dalam mengelola atraksi dan memerlukan pemeriksaan terus-menerus untuk memastikan bahwa hasilnya sesuai dengan yang seharusnya. Apakah pendapatan aktual seperti yang diharapkan? Atau, apakah itu di atas atau di bawah yang diharapkan, dan seberapa banyak? Berapa biaya tenaga kerja dan bagaimana perbandingannya dengan biaya tenaga kerja yang diharapkan? Kontrol memeriksa hasil kinerja di semua area utama operasi.

Pendapatan berasal dari penjualan tiket masuk, parkir, vending, biaya program retail, penjualan makanan dan minuman, dan donasi.


Ada variasi besar di antara atraksi. Beberapa untuk keuntungan dan lainnya adalah nirlaba; Namun, keduanya harus beroperasi dengan bud mendapat. Banyak atraksi memperoleh 70 persen pendapatannya dari penjualan tiket, sekitar 15 persen pendapatan dari ritel, dan 15 persen lagi dari penjualan makanan dan minuman.

Banyak atraksi yang ingin menarik pendapatan baru dengan mengadakan acara khusus seperti acara perusahaan, perayaan Hari Ayah atau Paskah, atau pameran mobil di tempat parkir.
Sebagai pengelola suatu bisnis, pengelola objek wisata juga mencoba untuk tetap di depan gelombang dan tetap di atas pengeluaran. Mereka juga mencoba untuk mempertahankan karyawan terbaik selama musim sepi dengan melatih silang mereka untuk melakukan lebih dari satu pekerjaan sesuai kebutuhan.

Karena biaya tenaga kerja adalah item pengeluaran tertinggi, manajer melakukan yang terbaik untuk mengurangi biaya tenaga kerja dengan meningkatkan basis sukarelawan di berbagai area. Manajemen atraksi adalah tentang menjaga kualitas produk dan layanan tamu pada tingkat tertinggi. Ini bermuara pada pendapatan dikurangi biaya sama dengan laba bersih.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *