ANALISIS PENERAPAN STANDARD OPERASIONAL PROSEDUR DEPARTEMEN SALES & MARKETING PADA EVENT BANQUET DI CK TANJUNGPINANG HOTEL & CONVENTION CENTER

Penulis

  • Hetty Yulianti Sihite Politeknik Bintan Cakrawala

DOI:

https://doi.org/10.62045/jbt.v12i1.401

Kata Kunci:

tandar Operasional Prosedur (SOP),Penerapan, Sales & Marketing, Banquet

Abstrak

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP) Departemen Sales & Marketing pada Event Banquet di CK Tanjungpinang Hotel & Convention Center. Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah maupun non-pemerintah, usaha maupun non-usaha, berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif, dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah hal yang penting yang wajib dimiliki setiap perusahaan dan harus menjadi patokan dan pegangan dalam melakukan kegiatan bekerja oleh semua petugas Sales & Marketing di CK Tanjungpinang Hotel & Convention Center untuk meminimalisir kesalahan sehingga membuat kenyamanan dan kepuasan terhadap tamu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis dalam penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Departemen Sales & Marketing pada Event Banquet di CK Tanjungpinang Hotel & Convention Center. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan obsrvasi secara langsung. Hasil penelitian ini bahwa Standar Operasional Prosedur (SOP) di CK Tanjungpinang Hotel & Convention Center sudah berjalan dengan baik dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan dengan narasumber yang bersangkutan namun SOP tersebut belum terdokumentasikan dalam bentuk dokumen tertulis yang disahkan oleh manajemen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-11