PELAKSANAAN SUPERVISI KONTEKSTUAL DALAM PEMBINAAN PROFESIONALITAS GURU KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
Kata Kunci:
Supervisi Kontekstual, Pembinaan, Profesionalitas, Merdeka BelajarAbstrak
Pelaksanaan kurikulum Merdeka Belajar merupakan penyempurnaan kurikulum sebelumnya untuk mewujudkan sistem
pendidikan Nasional kompetitif dan relevan dengan perkembangan zaman sehingga perlu adanya pembimbingan dan
pembinaan dalam bentuk supervise kontekstual. Penelitian ini bertujuan menemukan dan mendiskripsikan fenomenologi
(1) pola interaksi supervisi kontekstual dalam pembinaan profesionalitas guru (2) pendekatan – pendekatan supervisi
kontekstual dalam pembinaan profesionalitas (3) pengawasan dan evaluasi pelaksanaan supervisi kontekstual pembinaan
profesionalitas guru optimalisasi Merdeka Belajar. Hasil penelitian ini (1) Pola interaksi dalam pelaksanaan supervisi
kontekstual pembinaan profesionalitas guru optimalisasi Kurikulum Merdeka Belajar. Hasil penelitian (1) pola interaksi
pertemuan terjadwal rutin dilakukan satu bulan sekali hari senin selepas upacara minggu pertama, Pola interaksi kedua dalam
pembinaan guru selalu dilakukan saat perpisahan pelepasan kelulusan kelas IX Ketiga saat disela sela makan siang. (2)
Pendekatan-pendekatan pelaksanaan supervisi kontekstual Pertama dilakukan secara kelompok. Kedua pendekatan individu,
Ketiga pendekatan guru senior (3) Pengawasan dan evaluasi pelaksanaan supervise. Pelaksanaan oleh kepala sekolah dan
wakil kepala sekolah serta pengawas. Follow up pemberian motivasi, penguatan, pembimbingan, pendampingan. Pemberian
reword keberhasilan.
Kata kunci: Supervisi Kontekstual, Pembinaan, Profesionalitas, Merdeka Belajar