ANALISIS SWOT BISNIS FASHION SAAT PANDEMI COVID 19 PADA TOKO ALZANAYA DI ITC SURABAYA
Kata Kunci:
Analisis SWOT, Bisnis fashion, Covid-19Abstrak
Salah satu bisnis yang ikut mengalami penurunan akibat terjadinya dampak Pandemi Covid-19 di Indonesia antara lain
bisnis fashion. Toko Alzanaya merupakan salah satu toko yang bergerak dibidang bisnis fashion yang terletak di Kota
Surabaya pada saat terjadi pademi Covid-19 ini Toko Alzanaya ingin bisa tetap bertahan dalam menjalankan bisnisnya.
Untuk itu peneliti melakukan analisis strategi pemasaran disaat terjadi pademi Covid-19 agar bisa menemukan solusi
alternative terbaik dari segi pemasaran untuk bisa tetap bertahan dalam menjalankan bisnis fashion. Peneliti mengunakan
metode Analisis SWOT dalam Penelitian ini di Toko Alzanaya. Dari hasil penelitian Toko Alzanaya berada pada posisi
penerapan strategi pemasaran Growth Oriented Strategy. Hal ini dikarenakan, total skora IFAS sebesar 2.64 dan total skor
EFAS sebesar 2,32 sehingga pada diagram cartesius analisis SWOT menunjukkan Toko Alzanaya berada pada posisi
kuadran satu sehingga Toko Alzanaya berada pada posisi yang menguntungkan. Bisnis Fashion Toko ALZANAYA
memiliki berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan dan berbagai kekuatan internal yang harus dioptimalkan sehingga
Toko Alzanaya dapat merebut dan memanfaatkan peluang yang ada saat ini terutama aat Pandemi Covid-19. Serta dengan
adanya kelemahan dan berbagai ancaman yang dihadapi dalam bisnis Fashion Toko Alzanaya perlu meminimalisir
terutama disaat terjadinya Epidemi Covid-19 ini.