Bagus F.U, I Kadek Dampak Ujian Berbasis Komputer(CBT) Pada Penilaian Evaluasi Akhir Siswa
Keywords:
cbt, komputer, computer based test, video, e-learningAbstract
Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi sangat membantu dalam mengembangkan konsep pembelajaran yang lebih ringkas dan dinamis. Pada saat ini perkembangan teknologi telah menjadi salah satu bagian yang selalu tidak terpisahkan dengan kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Cepatnya perkembangan dalam bidang teknologi informasi sangat membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari. Penerapan teknologi informasi yang terkait dengan proses penilaian akhir siswa yang berbasis CBT ( Computer Base Test) saat ini menjadi tren yang sangat menarik minak banyak lembaga pendidikan untuk menerapkannya. Keinginan menekan biaya dengan menerapkan ujian secara paperless ini lah yang mendorong lembaga pendidikan untuk segera menerapkan ujian berbasis computer (CBT). Bagi siswa yang telah melaksanakan ujian berbasis komputer terbagi menjadi beberapa aspek penilaian keberhasilan yang diperoleh. Bagi siswa yang telah siap untuk menerima pelaksanaan ujian berbasis computer nilai yang ditempuh meningkat dibandingkan siswa yang belum siap. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan perolehan nilai, diantaranya adalah kesiapan mental dari siswa terkait pelaksanakan ujian yang menggunakan komputer ini. Namun masih banyak yang harus diperbaiki dalam pelaksanakan ujian computer ini dalam penerapannya pada siswa sekolah. Dalam pelaksanaanya ada beberapa langkah yang dilakukan diantaranya pendekatan Research and Development yang dikembangkan untuk membuat sebuah model penilaian berdasarkan penilaian padasetiap mata pelajaran