pelatihaan peluang kewirausahaan

Era perkembangan teknologi yang semakin canggih memberikan banyak motivasi bagi generasi muda untuk berwirausaha. Generasi Z sebagai generasi yang adaptif terhadap teknologi memiliki banyak peluang untuk menjadi wirausaha dengan memanfaatkan kemudahan teknologi yang semakin canggih. Pelatihan terkait kewirausahaan bagi para generasi Z menjadi hal penting mengingat negara kita Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran Internasional Politeknik NSC Surabaya melakukan kegiatan pada tanggal 11 Januari 2023 dengan melaksanakan kegiatan pelatihan untuk para santri MA Pesantren Fadllillah Sidoarjo. Acara pelatihan dimulai pada pukul 09.00 dengan durasi 2 jam yang memiliki judul “Peluang Kewirausahaan Bagi Generasi Z” dengan pemateri dosen tetap prodi manajemen Pemasaran Internasional Nina Triolita, S.E., M.M.

penjelasan materi pelatihaan peluang kewirausahaan oleh ibu nina bagian 1

Kegiatan Pelatihan ini diawali dengan paparan materi motivasi wirausaha bagi para generasi Z untuk bisa berkontribusi dalam memajukan ekonomi bangsa dimasa depan. Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 200 an santri pondok pesantren Fadllillah yang  beralamatkan di Jl. Kyai Mas Ali No. 57 A Tambak Sumur, Waru Sidoarjo. Para peserta berasal dari siswa MA kelas XI dan XII yang dijadikan satu di Aula Pondok Pesantren. Peserta sangat antusias dalam menyimak paparan materi yang diberikan oleh narasumber. Sesuai dengan usia para peserta sebagai Generasi Z karena masih duduk dibangku sekolah madrasah Aliyah. Pelaksanaan kegiatan ini memberikan  banyak motivasi bagi para santri untuk dapat berwirausaha guna memajukan ekonomi bangsa yang mandiri di masa depan.

penjelasan materi pelatihaan peluang kewirausahaan oleh ibu nina bagian 2

Dalam pelatihan ini peserta juga diberikan tugas untuk dapat menciptakan ide bisnis mereka melalui hobi yang mereka miliki. Ada beberapa  santri yang dengan penuh percaya diri menceritakan ide inspirasi usaha yang ingin dilakukan mulai dari berjualan   jajanan papeda, buket bunga, berjualan minuman, berjualan rujak cingur, berjualan baju bekas, dll. Peserta terinspirasi menghasilkan ide bisnis setelah pemateri memberikan gambaran perolehan laba meskipun hanya berjualan papeda maupun rujak cingur. Pemateri menyajikan kolaborasi ilmu kewirausahaan dan digital marketing sehingga mudah untuk membuat siswa menuangkan ide rencana bisnis yang dimiliki. Hal ini tentunya dapat menjadi inspirasi bagi para santri untuk bisa lebih produktif memanfaatkan waktu untuk dapat belajar sambil berwirausaha. Pada sesi akhir pelatihan, para peserta yang percaya diri menyampaikan gagasan ide bisnisnya diberikan souvenir berupa kalender dari Politeknik NSC Surabaya

Generasi Z diharapkan dapat menjadi generasi emas pada 2045 melalui ilmu pengetahuan yang dipelajari saat ini sebagai bekal masa depan mereka. Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran Internasional mencetak profil lulusan salah satunya  sebagai seorang entrepreneur tentunya hal ini dapat memberikan rekomendasi bagi para Generasi Z yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi untuk bisa menjadi seorang entrepreneur sambil berkuliah di Politeknik NSC Surabaya.

Author : Nina Triolita

Categories: Article

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *