Author : I Kadek Bagus Feristha Udayana,S.Kom,MM

Profil lulusan Manajemen Pemasaran Internasional (MPI) biasanya mencerminkan kemampuan yang kuat dalam memahami dan menerapkan strategi pemasaran dalam konteks global.

Berikut adalah profil umum dari seorang lulusan MPI:

  1. Kemampuan Pemasaran Global

Kemampuan dan kompetensi yang umum adalah merancang dan mengimplementasikan kampanye pemasaran global, menganalisis pasar internasional dan menyesuaikan strategi pemasaran, memahami dinamika perilaku konsumen di berbagai wilayah geografis.

  1. Keterampilan Komunikasi Lintas Budaya

Lulusan ini mampu berkomunikasi secara efektif dengan berbagai kelompok budaya. Mereka memiliki kepekaan budaya yang tinggi dan mampu menavigasi tantangan komunikasi dalam konteks internasional. Kompetensi yang dikuasai adalah mengelola hubungan dengan mitra bisnis dari berbagai latar belakang budaya, mengadaptasi pesan pemasaran agar sesuai dengan audiens yang berbeda, membangun jaringan profesional internasional yang kuat.

  1. Kemampuan Analitis dan Riset Pasar

Keterampilan analitis yang kuat, memungkinkan mereka untuk melakukan riset pasar yang komprehensif di pasar global. Mereka mampu mengidentifikasi tren, peluang, dan ancaman di berbagai pasar internasional. Kompetensi Mengumpulkan dan menganalisis data pasar global. membuat keputusan berbasis data untuk strategi pemasaran, mengembangkan wawasan pasar yang dapat diandalkan untuk mendukung pengambilan keputusan.

  1. Keterampilan Manajemen dan Kepemimpinan

Menjadi pemimpin yang efektif, mampu mengelola tim lintas negara dan proyek-proyek pemasaran internasional. Mereka memiliki kemampuan manajerial yang kuat dan mampu mengelola proyek dengan kompleksitas tinggi. Kompetensi mengelola proyek pemasaran internasional dengan sukses, memimpin tim multinasional dan mengarahkan mereka menuju tujuan bersama, mengkoordinasikan berbagai aspek dari strategi pemasaran global.

  1. Pemahaman tentang Ekonomi dan Regulasi Global

Memiliki pengetahuan yang baik tentang ekonomi global, termasuk regulasi perdagangan internasional, tarif, dan peraturan lainnya yang mempengaruhi pemasaran dan bisnis internasional. Memahami dampak regulasi internasional terhadap strategi pemasaran, menavigasi peraturan perdagangan global dan memastikan kepatuhan, menganalisis dampak ekonomi global terhadap pasar dan strategi pemasaran.

  1. Kemampuan Beradaptasi dan Fleksibilitas

Dalam lingkungan global yang terus berubah, lulusan MPI dilatih untuk menjadi fleksibel dan cepat beradaptasi dengan perubahan. Mereka mampu menangani ketidakpastian dan kompleksitas dalam pemasaran internasional. Kompetensinya diantaranya beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan tren global, mengelola risiko dalam proyek pemasaran internasional, membuat keputusan cepat dan efektif dalam situasi yang dinamis.

  1. Pengalaman Praktis

Pengalaman praktis akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis melalui magang, proyek internasional, atau pertukaran pelajar. Ini membuat lulusan siap untuk langsung terjun ke dunia kerja dengan pengalaman yang relevan. Bidang pekerjaan dalam Manajemen Pemasaran Internasional mencakup berbagai posisi yang memfokuskan pada pengelolaan dan pengembangan strategi pemasaran di pasar global.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No wpWBot Theme Found!

X
wpChatIcon