Kontributor:

Nina Triolita, S.E., M.M.

Perusahaan global merupakan perusahaan yang tentunya telah memiliki banyak pengalaman dalam bidang bisnis dan pemasaran di berbagai belahan dunia. Kehadiran perusahaan global di Indonesia telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor industri. Dengan investasi besar, teknologi canggih, dan praktik manajemen yang maju, perusahaan-perusahaan ini berperan penting dalam transformasi ekonomi Indonesia. Hal ini menjadi perhatian bagi program studi manajemen pemasaran Internasional dalam meningkatkan dukungan secara akademis. Maupun teknis untuk dapat meningkatkan para lulusan yang memiliki daya saing global.

Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia bertujuan untuk memberikan kebebasan. Dan otonomi bagi lembaga pendidikan tinggi, termasuk politeknik, dalam mengembangkan kurikulum dan kegiatan pembelajaran. MBKM memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi mereka melalui berbagai kegiatan di luar kampus.

Artikel ini akan membahas pelaksanaan kegiatan MBKM di politeknik, manfaatnya, serta tantangan yang dihadapi. Mahasiswa politeknik diharapkan dapat menghabiskan sebagian waktu mereka untuk magang atau praktik kerja di industri. Ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja nyata dan mengaplikasikan keterampilan yang telah mereka pelajari. Mahasiswa didorong untuk mengembangkan usaha mereka sendiri dengan bimbingan dari dosen dan praktisi industri. Ini memberikan keterampilan kewirausahaan dan pengalaman dalam menjalankan bisnis. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk merancang dan melaksanakan proyek studi independen dengan persetujuan dan bimbingan dari dosen pembimbing.

Pada tahun 2024 Politeknik NSC Surabaya terutama Prodi Manajemen Pemasaran Internasional menjalin kerjasama dengan PT Total Toolls perwakilan Surabaya untuk dapat menempatkan mahasiswa semester 5 dan 6  bernama Silvia Paramitha menempuh program MBKM Magang Industri dengan dosen pembimbing Nina Triolita, S.E., M.M. 

Kegiatan MBKM seperti magang dan proyek di industri membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan praktis yang sangat dibutuhkan di dunia kerja melalui berbagai kegiatan di luar kampus, mahasiswa dapat mengembangkan soft skills seperti kepemimpinan, komunikasi, kerjasama tim, dan manajemen waktu. ahasiswa yang terlibat dalam program MBKM cenderung lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja dan memiliki daya saing yang lebih tinggi di pasar tenaga kerja.

Bagi para generasi muda yang ingin melanjutkan kuliah sambil bekerja dapat mengikuti program MBKM di program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik NSC Surabaya. Kuliah sambil kerja dengan flexibilitas waktu yang dapat disesuaikan menjadikan Anda profesional bidang pemasaran Internasional yang kompeten dan berdaya saing global.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No wpWBot Theme Found!

X
wpChatIcon