Kontributor:

Nina Triolita, S.E., M.M.

Kerja, kerja dan kerja adalah cita-cita setiap individu para lulusan SMA maupun SMK untuk bisa menghasilkan pendapatan secara mandiri. Para lulusan SMA/SMK sering binggung memilih jurusan yang paling memiliki peluang tidak hanya saat ini namun juga di masa depan. Kesalahan dalam memilih jurusan saat di perguruan tinggi juga akan dapat menimbulkan problematika yang tidak sesuai dengan harapan dan cita-cita setiap generasi muda. Berdasarkan informasi di detik.com pada 2 November 2021 Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Bapak Nadiem Makarim menyatakan hanya ada maksimal 20 persen lulusan mahasiswa yang bekerja sesuai dengan program studinya. Hal ini menandakan betapa ketatnya persaingan dalam memperoleh pekerjaan yang sesuai harapan dan keahlian yang dimiliki oleh para generasi muda. Untuk itulah program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ) memberikan peluang bagi generasi muda untuk dapat mencicipi berbagai keahlian yang tidak hanya terbatas pada prodi yang dimiliki.

Prodi Manajemen Pemasaran Internasional menjadi salah satu prodi yang memiliki peluang besar saat ini dan dimasa depan. Kegiatan MBKM juga dilaksanakan di Politeknik NSC pada jenjang Sarjana Terapan. Hal ini memberikan keahlian tidak hanya secara teoritis tetapi juga secara teknis. Setiap perusahaan membutuhkan tenaga pemasaran yang tidak hanya di level nasional tetapi juga internasional. Adapun bidang kompetensi  yang akan dimiliki oleh program studi manajemen pemasaran Internasional antara lain :

1. Keahlian Analisis Pasar Internasional

  • Analisis Pasar: Kemampuan dalam melakukan menganalisis tren pasar global, memahami perilaku konsumen serta  mengidentifikasi peluang dan tantangan di pasar internasional.
  • Riset Pasar: Keterampilan dalam melakukan riset pasar yang komprehensif, termasuk pengumpulan dan analisis data untuk menginformasikan strategi pemasaran.

2. Strategi Global Marketing

  • Pengembangan Strategi: Keahlian dalam merancang dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif di berbagai negara.
  • Penyesuaian Produk: Kemampuan untuk menyesuaikan produk atau layanan agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pasar lokal.

3. Cross Culture Management

  • Keterampilan Bahasa: Menguasai lebih dari satu bahasa sering kali menjadi nilai tambah yang besar dalam pemasaran internasional.
  • Etika Budaya: Memahami dan menghormati norma dan nilai-nilai budaya yang berbeda, serta kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif di lingkungan lintas budaya.

4. Manajemen Bisnis Internasional

  • Negosiasi: Kemampuan untuk melakukan negosiasi yang sukses dengan mitra bisnis internasional, memahami dinamika kekuatan dan kompromi.
  • Jaringan Bisnis: Keterampilan dalam membangun dan memelihara jaringan profesional yang kuat di berbagai negara.

5. Digital Marketing dan E-commerce

Kemampuan untuk mengembangkan dan mengelola kampanye pemasaran digital yang efektif di pasar global. Familiar dengan alat dan platform teknologi terbaru yang digunakan dalam pemasaran digital dan e-commerce.

6. Analisis Data dan Problem Solving

Kemampuan untuk menganalisis data pemasaran dan menggunakan wawasan tersebut untuk membuat keputusan yang berdasarkan data serta keahlian dalam mengambil keputusan strategis yang didasarkan pada analisis pasar, data kinerja, dan evaluasi risiko.

7. Manajemen Proyek Pemasaran

Kemampuan untuk merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi proyek pemasaran internasional dari awal hingga akhir. Keterampilan dalam mengelola anggaran pemasaran dan memastikan penggunaan sumber daya yang efisien.

8. Leadership

Kemampuan untuk memimpin tim yang beragam secara efektif, menginspirasi dan memotivasi anggota tim untuk mencapai tujuan bersama. Keterampilan dalam bekerja sama dengan tim lintas fungsi dan lintas budaya untuk mencapai hasil yang optimal.

9. Etika dan Tanggung Jawab Sosial

Memahami pentingnya etika dalam bisnis internasional dan berkomitmen untuk menjalankan praktik bisnis yang adil dan berkelanjutan. Kesadaran tentang tanggung jawab sosial perusahaan dan keterlibatan dalam inisiatif yang mendukung komunitas lokal dan lingkungan.

10. Ekspor Import

Kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan bisnis internasional melalui kegiatan eksport import serta komitmen untuk terus belajar dan mengembangkan keahlian baru sesuai dengan perkembangan pasar dan teknologi.

Keahlian-keahlian ini menjadikan lulusan manajemen pemasaran internasional sangat berharga bagi perusahaan yang beroperasi di pasar global, dan mempersiapkan mereka untuk berbagai peran dalam pemasaran, pengembangan bisnis, riset pasar, manajemen produk, dan banyak lagi. Lulusan Manajemen Pemasaran Internasional juga dapat memiliki berbagai posisi impian di seluruh perusahaan didunia. Prodi Manajemen Pemasaran Internasional merupakan prodi yang memiliki profil lulusan banyak harapan generasi muda saat ini. Kompetensi yang dimiliki para lulusan juga mencerminkan kemampuan individu yang siap untuk mengambil peranan penting dalam perusahaan skala nasional mupun skala global. Dengan memanfaatkan keahlian mereka dalam pemasaran internasional akan mampu mendorong pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan di pasar global. Pastinya perusahaan akan lebih memilih para lulusan yang siap kerja, memiliki berbagai kemampuan tidak hanya teori namun juga keahlian teknis yang mampu membuat perusahaan lebih berkembang. Ayo kenal lebih jauh program studi Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran Internasional  di Politeknik NSC Surabaya.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No wpWBot Theme Found!

X
wpChatIcon