Alasan Pemasaran Global
• Pertumbuhan
– Akses ke pasar baru
– Akses ke sumber daya
• Bertahan hidup
– Melawan pesaing dengan biaya lebih rendah (karena peningkatan akses ke sumber daya)
Globalisasi
• Globalisasi adalah integrasi pasar, negara-bangsa, dan teknologi yang tak terhindarkan ke tingkat yang belum pernah disaksikan sebelumnya – dengan cara yang memungkinkan individu, perusahaan, dan negara-bangsa untuk menjangkau seluruh dunia lebih jauh, lebih cepat, lebih dalam, dan lebih murah dari sebelumnya sebelumnya, dan dengan cara yang memungkinkan dunia menjangkau individu, perusahaan, dan negara-bangsa lebih jauh, lebih cepat, lebih dalam, dan lebih murah dari sebelumnya.
Pemasaran Global Vs. Pemasaran
• Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi, dan distribusi barang, ide, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.
• Pemasaran global berfokus pada peluang dan ancaman pasar global.
Apa itu Industri Global?
• Suatu industri bersifat global sejauh posisi industri perusahaan di satu negara saling bergantung dengan posisi industrinya di negara lain
• Indikator globalisasi:
– Rasio perdagangan lintas batas terhadap total produksi di seluruh dunia
– Rasio investasi lintas batas terhadap total investasi modal
– Proporsi pendapatan industri yang dihasilkan oleh perusahaan yang bersaing di wilayah utama dunia
Globalisasi atau Lokalisasi Global?
• Globalisasi
– Mengembangkan produk standar yang dipasarkan di seluruh dunia dengan bauran pemasaran standar
– Inti dari pemasaran massal
• Lokalisasi global
– Menggabungkan standarisasi dan kustomisasi dengan cara meminimalkan biaya sambil memaksimalkan kepuasan
– Inti dari segmentasi
– Berpikir secara global, bertindak secara lokal