Bagus F.U, I Kadek HUBUNGAN MATERI KURIKULUM PADA JENJANG PENDIDIKAN DIPLOMA3 (D3) JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DENGAN MATERI KURIKULUM 2013 DI SMK JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

  • admin ojs Politeknik nsc surabaya

Abstract

Dalam perkembangan di dunia pendidikan yang sekarang sudah semakin cepat, diperlukan sebuah kejelian dalam memberikan sebuah materi yang berkesinambungan. Dimana dalam keterkaitan hubungan dalam pendidikan harus selalu sejalan dalam penerapannya dari satu jenjang ke jenjang yang lainnya. Maka dalam penelitian ini, dari segi materi yang diangkat adalah dengan membandingkan materi kurikulum pada tingkat pendidikan level diploma tiga (D3) dengan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan sekolah menengah kejuruan(SMK). Diharapkan kurikulum yang ada pada jenjang diploma tiga dapat menjadi penerus dari kurikulum 2013 yang diterapkan di SMK. Sehingga, dalam penerapan praktik siswa dengan praktik mahasiswa di jenjang diploma tiga dapat berkesinambungan. Karena orientasi pembelajaran pada SMK juga mengoptimalkan tentang kemampuan praktik peserta didik. Dengan begitu, jika ada siswa yang ingin melanjutkan pendidikan dengan orientasi praktik yang lebih dominan, diharapkan dengan meneruskan ke jenjang pendidikan diploma tiga siswa dapat meneruskan tanpa harus mengulang materi yang ada.

Published
2017-12-19
How to Cite
OJS, admin. Bagus F.U, I Kadek HUBUNGAN MATERI KURIKULUM PADA JENJANG PENDIDIKAN DIPLOMA3 (D3) JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DENGAN MATERI KURIKULUM 2013 DI SMK JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK. Jurnal Bisnis & Teknologi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 21-28, dec. 2017. ISSN 2356-2544. Available at: <https://nscpolteksby.ac.id/ejournal/index.php/jbt/article/view/49>. Date accessed: 14 aug. 2018.