PEMANFAATAN E-COMMERCE MALLTRONIK DALAM PROSES BISNIS BAGI PELAKU IKM
Keywords:
e-commerce malltronik, meningkatkan hasil penjualan, revolusi industri 4.0, meningkatkan usaha kecil dan usaha menengah, peningkatan industri kecil dan menengahAbstract
Era revolusi industri 4.0 saat ini, untuk meningkatkan hasil penjualan agar bisa maksimal adalah dengan menggunakan
e-commerce. Salah satu strategi yang ditawarkan pada perusahaan/ industri kecil menengah adalah penerapan web &
aplikasi e-commerce sebagai fungsi dari terintegrasi: pemasaran, penjualan dan pelayanan. Dimana bertujuan untuk
meningkatkan kepuasan konsumen, dan terutama untuk mendapatkan, mempertahankan, dan meningkatkan jumlah
konsumen yang berbeda. Manfaat malltronik a).Bagi Pelaku bisnis : Memperluas wilayah pemasaran, Menekan biaya
administrative ,Memungkinkan perusahaan/pelaku IKM mewujudkan bisnis yang terspesialisasi, Menekan biaya stock
produk dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen mata rantai, Menekan waktu antara payment dan penerimaan
produk juga jasa, Menekan biaya komunikasi, Tersedia beberapa akun bisnis, sesuai dengan kapasitas dan jenis produsen,
misalnya : distributor / agen mall, merchant/tenant mall, e-commerce/supplier, user mall / pengguna. b).Bagi konsumen :
Memungkinkan konsumen dapat berbelanja kapan pun, dan dimanapun (7 x 24 jam), Memberikan banyak pilihan produk
dan jasa kepada pelnggan, Memungkinkan pelanggan mendapatkan harga produk dan jasa yang lebih murah, Produk dan
jasa yang terdigitalisasi, Mempermudah pelanggan untuk menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh Malltronik yang
bekerja sama dengan merchant/ tenant.c).Bagi Masyarakat Luas : Memungkinkan membuka banyak lapangan pekerjaan
baru dengan berwirausaha, Memungkinkan beberapa produk dan jasa di jual dengan harga grosir dikarenakan langsung
dijual oleh pelaku bisnisnya /IKM