Pada hari Jumat tanggal 13 Oktober 2023 telah diselenggarakan pelatihan desain grafis dan front office bagi siswa-siswi SMK Pembangunan Surabaya. Tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi desain grafis dan front office siswa-siswi SMK Pembangunan Surabaya. Pemateri desain grafis yaitu I Kadek Bagus FU, S.Kom., M.M. dosen program studi Diploma 3 Teknologi Komputer NSC, dan pemateri front office yaitu R. Paulus Widyalasmono S., S.St.Par., M.Par. dosen program studi diploma 4 Pengelolaan Perhotelan NSC. Semoga pelatihan ini bermanfaat.

Tentang Kompetensi Desain Grafis

Kompetensi yang dibutuhkan untuk desain grafis mencakup perpaduan antara teknis dan soft skill. Beberapa kompetensi utama tersebut antara lain:

Technical Skills

  1. Design Principles
    Memiliki pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsip desain, seperti komposisi, ruang putih, teori warna, dan hierarki, sangat penting untuk menciptakan desain yang seimbang.
  2. Software Proficiency
    Memiliki penguasaan yang kuat terhadap perangkat lunak desain seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan InDesign sangat penting untuk melaksanakan tugas desain secara efektif.
  3. Typography
    Memiliki pemahaman yang kuat tentang tipografi dan cara menggunakannya untuk menyampaikan pesan melalui teks secara efektif sangatlah penting.
  4. Digital Design
    Kemahiran dalam desain digital, termasuk desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX), serta pengetahuan tentang alat seperti Sketch dan Figma.
  5. Branding
    Kemampuan untuk menciptakan dan menegakkan identitas merek yang konsisten di berbagai platform digital dan cetak.

Soft Skills

  1. Kreativitas:
    Desainer grafis harus terus menghasilkan ide-ide segar dan orisinal untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan secara efektif.
  2. Komunikasi:
    Keterampilan komunikasi yang kuat, baik verbal maupun visual, sangat penting untuk menyampaikan konsep dan alasan desain kepada klien dan kolega.
  3. Manajemen Waktu:
    Karena sifat profesi yang berorientasi pada tenggat waktu, manajemen waktu yang efektif sangat penting untuk menyelesaikan proyek tepat waktu.
  4. Pemecahan Masalah:
    Kemampuan untuk memecahkan tantangan terkait desain dan memenuhi kebutuhan klien melalui solusi inovatif.
  5. Kemampuan beradaptasi:
    Desainer grafis harus selalu mengikuti perkembangan tren desain terkini dan dapat beradaptasi dengan standar dan teknologi industri yang terus berkembang.

Keterampilan ini sangat penting untuk kesuksesan karir dalam desain grafis. Mereka memungkinkan para profesional untuk menciptakan komunikasi yang berdampak secara visual dan memenuhi tuntutan industri desain yang selalu berubah.

Tentang Kompetensi Front Office Hotel

Kompetensi kantor depan hotel mencakup berbagai keterampilan dan kualitas yang diperlukan untuk keberhasilan kinerja di posisi kantor depan, seperti resepsionis hotel dan petugas layanan tamu. Kompetensi ini dapat dibagi menjadi beberapa bidang utama:

Guest Service Skills

  1. Hospitality
    Penting untuk memiliki pengetahuan tentang industri perhotelan, termasuk adat istiadatnya, dan memahami berbagai layanan dan fasilitas tamu.
  2. Communication
    Memiliki keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang efektif sangatlah penting, termasuk menjadi pendengar yang baik dan mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan profesional.
  3. Customer Service
    Sikap ramah, penuh perhatian, dan suka membantu, dengan kemampuan mengantisipasi kebutuhan tamu dan memberikan layanan yang luar biasa.
  4. Confidence
    Jaminan dalam menangani pertanyaan dan masalah tamu, memastikan pengalaman tamu yang positif.
  5. Multilingual
    Kemahiran dalam berbicara berbagai bahasa untuk melayani beragam tamu dan staf.

Technical Skills

  1. Keterampilan Komputer
    Keakraban dengan sistem pemesanan dan penagihan hotel, serta kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras khusus.
  2. Penanganan Uang Tunai
    Kemampuan menangani transaksi tunai, kartu kredit/debit, dan mata uang asing secara akurat dan efisien.
  3. Keterampilan Telepon
    Kemahiran dalam menjawab dan membuat panggilan, serta menangani transfer panggilan dan tugas terkait telepon lainnya.
  4. Entri Data
    Entri data yang akurat dan efisien, termasuk informasi tamu dan pembaruan status kamar.
  5. Akuntansi
    Pemahaman dasar prinsip akuntansi untuk membantu masalah penagihan dan keuangan.

Soft Skills

  1. Organisasi
    Kemampuan untuk mengelola dan memprioritaskan tugas, menjaga kerapian ruang kerja, dan memastikan kelancaran operasional.
  2. Pemecahan Masalah
    Kemampuan untuk mengatasi masalah tamu dan menemukan solusi, bahkan dalam situasi yang menantang.
  3. Kerja tim
    Kolaborasi dengan rekan kerja untuk memberikan layanan tamu yang lancar dan mendukung operasional hotel secara keseluruhan.
  4. Kesabaran
    Kemampuan untuk tetap tenang dan tenang ketika menghadapi tamu atau situasi sulit.
  5. Kemampuan beradaptasi
    Fleksibilitas dalam menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan dan situasi kerja, serta beradaptasi dengan teknologi baru dan tren industri.

Kompetensi ini penting bagi para profesional kantor depan hotel untuk melayani tamu secara efektif, memastikan kelancaran operasional hotel, dan berkontribusi terhadap keberhasilan keseluruhan hotel.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *