Selasa, 20 Desember 2022 Politeknik NSC Surabaya melaksanakan Kegiatan Bersama dengan tema Accounting for UMKM dan Online Shop di SMA Kawung 2 Surabaya. Acara yang diikutin oleh siswa dan siswi kelas XII dari jurusan IPA dan IPS. Pelatihan ini diperuntukkan agar para lulusan bisa membuat laporan keuangan sederhana apabila ingin berwirausaha setelah lulus sekolah.

Akuntansi untuk UMKM ataupun online shop sebenarnya sama konsepnya dengan pembuatan Laporan Keuangan secara keseluruhan tetapi yang perlu dipahami disini adalah lebih sederhana. Hal pertama yang harus dibuat adalah laporan laba rugi yang terdiri dari pendapatan dikurangi dengan biaya atau beban sehingga akan tampak laba atau rugi atas penjualan. Hal kedua yang harus disiapkan adalah neraca dimana kas, piutang, persediaan, aset, hutang, sampai dengan modal harus dicatat. Karena tanpa neraca, kita tidak bisa mengukur kemampuan kita dalam penambahan modal, pembayaran hutang, penagihan piutang, dan yang terpenting perputaran uang tunai atau yang biasa disebut kas.

Inti dari pelatihan ini, semua transaksi diperlukan pencatatan agar tidak terjadi kesalahpahaman kita akan laporan keuangan. Karena saat usaha atau bisnis kita berkembang dan ingin menjadikannya CV ataupun PT, diperlukan laporan leuangan untuk kepentingan pajak ataupun permodalan. Ditunggu Webinar terkait UMKM dan Online Shop yang secara rutin diadakan oleh Program Studi Akuntansi. Yes We Can!

Kategori: akuntansi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *