Tentang Digital Marketing

Pemasaran digital adalah promosi merek dan produk melalui saluran digital. Seperti situs web, media sosial, perangkat seluler, mesin pencari, dan platform digital lainnya. Ini melibatkan penggunaan taktik dan saluran digital yang berbeda untuk terhubung dengan pelanggan dan prospek online. Pemasaran digital sering kali digunakan secara bergantian dengan pemasaran online dan mencakup email dan konten online, di antara metode lainnya. Tujuan pemasaran digital adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan prospek, meningkatkan lalu lintas situs web. Dan pada akhirnya mendorong penjualan dan pertumbuhan bisnis. Ini adalah strategi pemasaran yang terukur dan hemat biaya yang memungkinkan otomatisasi, sehingga cocok untuk usaha kecil dan perusahaan.

Tipe-tipe Digital Marketing

Ada beberapa strategi pemasaran digital yang dapat digunakan oleh bisnis. Untuk meningkatkan kehadiran online mereka dan terhubung dengan audiens target mereka. Beberapa jenis pemasaran digital yang paling populer meliputi:

  1. Content Marketing
    Pemasaran konten adalah proses memproduksi dan berbagi konten yang berharga, informatif, dan menawan untuk menarik dan melibatkan audiens tertentu. Ini mencakup berbagai bentuk seperti postingan blog, video, infografis, dan postingan media sosial.
  2. Search Engine Optimization (SEO)
    Hal ini berfokus pada pengoptimalan situs web dan konten untuk mencapai peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari, sehingga meningkatkan visibilitas kepada calon pelanggan.
  3. Social Media Marketing (SMM)
    Hal ini mengacu pada pemanfaatan platform media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan, mendistribusikan konten, dan mengiklankan produk atau layanan.
  4. Pay-Per-Click (PPC) Advertising
    Iklan PPC adalah jenis iklan berbayar di mana bisnis membayar untuk klik pada iklan mereka. Hal ini biasanya dilakukan melalui proses penawaran dalam lelang kata kunci. Platform seperti Google Ads dan Bing Ads menawarkan layanan periklanan PPC.
  5. Email Marketing
    Pemasaran email adalah proses pengiriman email yang dipersonalisasi kepada pelanggan dan calon pelanggan untuk mempromosikan produk, layanan, atau acara. Ini adalah metode yang sangat efektif untuk membangun koneksi, meningkatkan penjualan, dan menjaga agar pelanggan tetap mendapat informasi.
  6. Affiliate Marketing
    Pemasaran afiliasi, juga disebut sebagai pemasaran influencer, adalah strategi di mana pakar industri dan influencer media sosial berkolaborasi untuk mendukung produk atau layanan kepada pengikut mereka.
  7. Marketing Analytics
    Proses ini memerlukan pemantauan dan analisis data dari kampanye pemasaran digital untuk menilai kinerja dan membuat keputusan berdasarkan data tersebut.
  8. Influencer Marketing
    Pemasaran influencer mirip dengan pemasaran afiliasi karena melibatkan kolaborasi dengan influencer industri untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pengikut mereka.

Setiap jenis pemasaran digital memiliki kelebihan dan tujuannya masing-masing. Keputusan mana yang akan digunakan bergantung pada faktor-faktor seperti anggaran, sumber daya, tujuan bisnis, dan target audiens. Dengan menggabungkan berbagai strategi pemasaran digital, bisnis dapat menciptakan pendekatan komprehensif yang meningkatkan kehadiran online mereka, menjangkau audiens yang lebih besar, dan meningkatkan penjualan dan konversi.

Digital Marketing untuk Siswa

Pemasaran digital penting bagi siswa sekolah menengah karena mempersiapkan mereka menghadapi dunia digital dan membantu mereka mengembangkan keterampilan berharga yang dibutuhkan di pasar kerja. Berikut beberapa alasan mengapa pemasaran digital bermanfaat bagi siswa sekolah menengah:

  1. Memahami lanskap digital
    Penting bagi siswa sekolah menengah untuk memahami cara kerja pemasaran digital dan dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari, karena mereka tumbuh di dunia digital yang sangat terhubung. Dengan mempelajari pemasaran digital, mereka dapat menavigasi lanskap digital secara efektif dan membuat pilihan berdasarkan informasi mengenai kehadiran dan aktivitas online mereka.
  2. Meningkatkan kreativitas
    Pemasaran digital memberi siswa peluang untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui berbagai platform digital seperti media sosial, pembuatan konten, dan desain grafis. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengembangkan suara yang berbeda dan menunjukkan bakat mereka, yang pada akhirnya membedakan mereka di pasar kerja.
  3. Mengembangkan keterampilan teknis
    Pemasaran digital memerlukan penggunaan alat dan platform digital yang berbeda, yang dapat membantu siswa sekolah menengah dalam memperoleh keterampilan teknis berharga yang sangat diminati di pasar kerja. Keterampilan ini dapat diterapkan di berbagai industri dan meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan.
  4. Memperluas jangkauan audiens
    Pemasaran digital memberdayakan siswa sekolah menengah untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dengan mudah, memungkinkan mereka berbagi ide, minat, dan pencapaian dengan kelompok orang yang lebih besar. Hal ini sangat bermanfaat bagi siswa yang tertarik dengan isu-isu sosial atau memiliki perspektif unik yang ingin mereka komunikasikan.
  5. Pemasaran kepada Orang Tua
    Siswa sekolah menengah dapat memanfaatkan strategi pemasaran digital untuk menjangkau orang tua mereka secara efektif, yang memainkan peran penting dalam menentukan pilihan pengeluaran mereka. Dengan melakukan hal ini, siswa dapat meningkatkan daya beli mereka dan mempengaruhi keputusan orang tua mereka.
  6. Kesiapan Masa Depan
    Dengan evolusi pemasaran digital yang terus-menerus, siswa sekolah menengah yang memperoleh keterampilan ini akan diperlengkapi dengan baik untuk memasuki pasar kerja masa depan. Banyak perguruan tinggi dan universitas menyediakan kursus dan program pemasaran digital, memungkinkan siswa memperoleh pemahaman komprehensif tentang bidang ini dan menentukan apakah bidang tersebut sejalan dengan aspirasi karir mereka.

Mengajarkan pemasaran digital kepada siswa sekolah menengah dapat memberi mereka keterampilan yang berharga baik untuk kehidupan pribadi maupun profesional. Hal ini juga memungkinkan mereka mengambil keputusan yang tepat mengenai kehadiran online mereka, sehingga memastikan pengalaman yang positif dan aman di dunia digital.

Berdasarkan hal tersebut, Politeknik NSC Surabaya bersama SMA Kawung 2 menyelenggarakan pelatihan digital marketing bagi siswa yang diadakan pada tanggal 13 Desember 2023 di SMA Kawung 2 Surabaya. Pemateri pelatihan ini yaitu Yustin Nur Faizah, S.Tr. Ak., M.Ak., Ak. dosen program studi Akuntansi NSC. Semoga pelatihan ini bermanfaat.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *