A. PROFIL LULUSAN 

  1. Asisten Manager Kantor/Senior Administrative Assitant : Asisten Manager yang mampu
    membantu manager kantor dalam melaksanakan kegiatan merencanakan, melaksanakan,
    mengatur, dan mengawasi kegiatan kantor.
  2. Penyelia Kantor : Pengawas / Supervisor yang mampu mengorganisasi mengarahkan staf yang
    menjadi tanggungjawabnya sehingga pekerjaan itu dapat diselesaikan tepat waktu.
  3. Sekretaris : Profesional sekretaris yang mampu melaksanakan kegiatan kantor baik yang clarical
    maupun yang non clarical.
  4. Humas/ Public Relations Officer : Staff Public Relation yang mampu menyampaikan keinginan
    perusahaan pada masyarakat dan menampung feedback dari masyarakat untuk perusahaan.

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN:

  1. SIKAP DAN TATA NILAI
    a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
    b. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugas;
    c. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung
    perdamaian dunia;
    d. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap
    masyarakat dan lingkungannya;
    e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta
    pendapat/temuan origianal orang lain;
    f. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan
    kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
  2.  PENGUASAAN PENGETAHUAN
    a. Menguasai konsep manajemen kantor dengan pengetahuan dan teknologi terkini untuk
    penyelesaian masalah pegawai, aktivitas, dan peralatan kantor;
    b. Menguasai konsep dan prinsip pengelolaan organisasi kantor dengan pengetahuan dan
    teknologi terkini untuk membantu penyelesaian masalah perkantoran;
    c. Menguasai konsep dan prinsip perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian dalam
    fungsi operasional perkantoran;
    d. Menguasai konsep dan prinsip pengambilan Keputusan secara tepat berdasarkan data dan
    informasi dalam memilih berbagai alternatif baik secara mandiri maupun berkelompok;
    e. Menguasai konsep dan prinsip perencanaan, pelaksanaan, dan mengendalian kantor;
    f. Menguasai pengetahuan tentang teknik berkomunikasi bisnis dan perkantoran;
    g. Menguasai pengetahuan tentang perkembangan teknologi terbaru dan terkini yang
    berkaitan dengan perkantoran;
    h. Menguasai pengetahuan prosedural dan operasional kantor.
  3. KETERAMPILAN UMUM
    a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan
    pekerjaan bisnis serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang administrasi bisnis;
    b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur bidang administrasibisnis dan
    perkantoran;
    c. Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada administrasi
    bisnisskala UMKM yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan
    bidang bisnis dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain bisnis , produksi
    dan pemasaaran;
    d. Mampu menyusun hasil kajian administrassi bisnis dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi
    desain dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
    e. Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur standar,spesifikasi desain,
    persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada
    pelaksanaan bisnis skala UMKM;
    f. Melakukan supervisi dan evaluasi pada pelaksanaan bisnis;
    g. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama didalam
    maupun di luar lembaganya;
    h. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi
    dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan bisnis yang ditugaskan kepada pekerja yang
    berada di bawah tanggungjawabnya;
    i. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah
    tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. KETERAMPILAN KHUSUS
    a. Menguasai konsep teoritis tentang prinsip-prinsip manajemen kantor;
    b. Menguasai konsep teoritis tentang langkah-langkah dalam penyelesaian perkantoran;
    c. Mampu memutuskan secara tepat berdasarkan data dan informasi dalam memilih berbagai
    alternatif solusi perkantoran, baik secara mandiri maupun berkelompok;
    d. Mampu mempersiapkan menggunakan, merawat perangkat perkantoran sesuai dengan SOP;
    e. Mampu mengidentifikasi sumber-sumber keamanan pekerjaan kantor;
    f. Mampu memberikan pelayanan prima.

C. INDUSTRI PENGGUNA

Profil industri dan perusahaan dimana para alumni dan mahasiswa menempuh karir mereka adalah bidang industri manufaktur, ekspor impor, perbankan, perdagangan, institusi pemerintah dan lainnya, termasuk menjadi wiraswasta.

D. KEUNGGULAN
Penggunaan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang dibutuhkan dunia usaha dan industri. Selain itu, unggul dalam hal penggunaan teknologi informasi dan penguasaan Bahasa Inggris dan mandarin

E. MATA KULIAH YANG DIAJARKAN

Semester 1:

  1. Aplikasi Komputer
  2. Akuntansi 1
  3. Introduction to English
  4. Kesekretariatan
  5. Keyboarding Skill
  6. Manajemen Perkantoran
  7. Pengantar Bisnis & Manajemen
  8. Etika Profesi

Semester 2

  1. Workshop Perkantoran
  2. Public Relation
  3. Aplikasi Kesekretariatan
  4. Korespondensi Niaga 1
  5. Manajemen Kearsipan
  6. Manajemen Pemasaran
  7. English For Secretary
  8. Enterprenurship

Semester 3:

  1. Aspek Hukum Bisnis
  2. Manajemen Keuangan
  3. Administrasi Perbankan
  4. Akuntansi 2
  5. Perpajakan
  6. Pendidikan Agama
  7. Secretarial Project
  8. Pelayanan Prima

Semester 4:

  1. Bahasa Mandarin 1
  2. Korespondensi Niaga 2
  3. Business English Correspondence
  4. Administrasi Ekspor Impor
  5. Manajemen SDM
  6. Pendidikan Kewarganegaraan
  7. Statistik Bisnis
  8. Komputerisasi Akuntansi

Semester 5:

  1. Bahasa Mandarin 2
  2. Englilsh Conversatiion + Job Interview
  3. Komunikasi Bisnis
  4. Simulasi Bisnis
  5. Manajemen Kearsipan 2
  6. Interpersonal Skill
  7. PKL 1

Semester 6:

  1. PKL 2
  2. Tugas Akhir.