Oleh: Agustina Dianova, S.Ak.,M.Ak

Administrator saat ini bukan hanya mengerjakan sisi administrasi yang sederhana lagi. Administrator profesional saat ini dituntut multidimensional. Administrasi bukan lagi hanya catat mencatat, dan mengelola dokumen akan tetapi mencakup penyusunan anggaran, pengelolaan proyek, hingga manajemen sumber daya teknologi.

Administrator profesional bukan hanya dituntut untuk memiliki keterampilan teknis yang baik, tetapi juga harus memiliki kemampuan interpersonal dan kepemimpinan yang kuat. Berikut adalah beberapa keterampilan yang wajib kalian miliki sebagai administrator profesional:

Keterampilan Organisasi

Seorang administrator profesional harus mampu mengelola banyak tugas sekaligus dengan baik. Memiliki kemampuan untuk mengatur prioritas, mengelola waktu, dan menjaga efisiensi dalam setiap aspek pekerjaan mereka.

Keterampilan Komunikasi

Administrator profesional harus mampu berkomunikasi dengan berbagai kalangan, baik itu rekan kerja, atasan, maupun pihak eksternal. Kemampuan untuk menyampaikan informasi secara jelas dan efektif adalah kualitas penting yang harus dimiliki.

Adaptabilitas dan Pemecahan Masalah

Dalam lingkungan bisnis yang berubah cepat, administrator harus dapat beradaptasi dengan perubahan dan mampu menemukan solusi untuk masalah-masalah yang muncul secara tiba-tiba.

Kepemimpinan

Seorang administrator profesional yang baik juga harus memiliki kemampuan untuk memimpin tim, memberikan arahan, serta mendorong rekan kerja untuk bekerja secara lebih produktif.

Menjawab urgensi administartor profesional saat ini, Politeknik NSC Surabaya khususnya Program Studi D-III Administrasi Bisnis hadir mencetak lulusan administrator profesional.

  • Adanya kurikulum baru yang selalu update. Kurikulum Program Studi Administrasi Bisnis yang mengacu pada dunia usaha dan industri menjadikan lulusan yang siap kerja.
  • Pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran Program Studi Administrasi Bisnis menjadikan lulusan yang dapat mengikuti perkembangan teknologi dan perubahan dalam regulasi bisnis.
  • Berbagai mata kuliah yang menunjang soft skill dan hard skill.

Sertifikasi profesional, lulusan memiliki sertifikasi kompetensi atau Certified Administrative Professional (CAP) yang menunjukkan bukti nyata bahwa lulusan sudah berkompeten di bidang administrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.