KEBUTUHAN TENAGA ADMINISTRASI DI ERA NEW NORMAL
Eko Tjiptojuwono, SE, MM, MMPar

Arti administrasi:

  1. Arti institutional :
    Ditinjau dari kepranataan (institusi), maka tinjauan administrasi adalah melihat kegiatan dalam suatu lembaga
    melakukan aktivitas tertentu, misalnya: Lembaga perbankan, maka ada orang-orang yang melakukan kegiatan
    perbankan dalam lembaga itu; Kantor Pos, maka ada orang-orang yang melakukan kegiatan pelayanan pos (surat
    menyurat, pengiriman barang, dan lain lain); kantor pajak, kantor kepolisian, kantor departemen –departemen, non
    departemen dan lain sebagainya.
  2. Arti Fungsional
    Ditinjau dari sudut fungsi atau tugas administrasi berarti keseluruhan tindakan (aktivitas) yang harus dilakukan oleh
    seseorang yang berkedudukan sebagai “administrator” ( memegang jabatan dalam manajemen suatu organisasi).
  • Dalam setiap organisasi atau instansi sudah tentu ada orang-orang yang menjalankan administrasi, misalnya :
  • Orang-orang yang melaksanakan tugas kepemimpinan (pemimpin);
  • Orang-orang yang melaksanakan tugas perencanaan (perencana);
  • Orang-orang yang melaksanakan tugas pengawasan /kontrol (pengawas);
  • Orang-orang yang mengorganisir (organisator), dan lain sebagainya.
  1. Arti proses
    Ditinjau dari sudut proses, maka administrasi merupakan keseluruhan proses, mulai dari proses pemikiran, proses
    perencanaan, proses pengaturan, proses penggerakan, proses pengawasan sampai dengan pencapaian tujuan.
    Untuk mencapai suatu tujuan orang harus memikirkan dahulu apa yang akan dicapai dan bagaimana cara mencapainya
    serta sarana dan prasana apa yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut serta kemampuan seseorang untuk
    menjalankannya
    Sebagai contoh : Seseorang akan bepergian dari Jakarta ke Jayapura,
  • maka orang tersebut sudah punya tujuan mengapa dia ke Jayapura,
  • kemudian bagaimana caranya ?,
  • apakah menggunakan kapal laut atau pesawat udara,
  • lalu tersediakah biaya untuk itu
  • dan yang tidak kalah penting adalah mampukah orang itu untuk mengadakan perjalanan sejauh itu ?

KOMPETENSI ADMINISTRASI BISNIS

HTTP://ADMINISTRASIBISNIS.COM 14
Kompetensi Umum:

  • Komunikasi, pelayanan prima, teknologi informasi
    Kompetensi Inti:
  • Teknologi informasi, administrasi, pelayanan prima, bahasa inggris, kas kecil, pengembangan diri
    Kompetensi Khusus/Pelengkap:
  • K3 Perkantoran, teknologi informasi, operasional, sumber daya manusia, keuangan, umum, legal, marketing, administrasi korporasi

2 Replies to “KEBUTUHAN TENAGA ADMINISTRASI DI ERA NEW NORMAL”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.