Kesan Pertama yang Baik

Anda dapat mengatur keadaan pikiran Anda sebelum memasuki ruangan untuk membuat kesan pertama yang baik. Sehingga menciptakan kepercayaan diri dan bersiap untuk pertemuan apa pun di mana Anda merasa perlu untuk mempengaruhi dan membujuk.

Jika Anda merasa gugup sebelum memasuki ruangan, ambil beberapa tarikan napas dalam-dalam agar oksigen beredar ke seluruh tubuh Anda. Dan Anda akan langsung merasa lebih tenang. Anda dapat mengatur keadaan pikiran Anda. Dengan memikirkan saat ketika Anda telah sangat sukses dan penuh percaya diri baik dalam bisnis atau situasi pribadi.

Menyiapkan Perasaan Sukses

Anda harus memikirkan kembali waktu itu dan menciptakan kembali perasaan yang Anda miliki saat itu. Pikirkan tentang bagaimana Anda berdiri dan bagaimana Anda bernapas (dari perut atau dada bagian atas?). Apa yang kamu pikirkan? Bagaimana?
Anda merasa? Anda harus sepenuhnya mengalami bagaimana perasaan Anda di masa lalu. Dan menjaga perasaan sukses dan percaya diri itu ketika Anda memasuki ruangan dan selama pertemuan Anda.

Sebelum Anda memasuki ruangan, rilekskan otot-otot wajah Anda. Karena tidak mungkin merasa cemas ketika otot-otot Anda rileks. Dan ketika Anda memasuki ruangan, senyum Anda akan tampak asli setelah mengendurkan otot-otot. Mata Anda harus tersenyum serta mulut Anda – jika itu bukan senyum yang tulus maka Anda tidak akan dipercaya.

Tidak mungkin merasa sedih ketika Anda tersenyum, dan tersenyum itu menular karena orang akan selalu tersenyum kembali. Senyum menunjukkan kepribadian yang menyenangkan dan orang-orang suka berada di sekitar orang-orang yang bahagia. Tersenyum akan membantu Anda terlihat hangat, terbuka, ramah, percaya diri, dan mudah didekati – bahkan saat merasa gugup.

Percaya Diri

Saat Anda dengan percaya diri mengetuk pintu dan masuk, Anda harus mengangkat kepala. Meletakkan bahu ke belakang dan tersenyum saat Anda menatap mata orang-orang di ruangan itu. Jika hanya ada satu orang maka fokuslah pada orang itu. Namun, jika Anda memasuki ruangan dengan kepala tertunduk, menghindari kontak mata, Anda mungkin dianggap kurang percaya diri. Ingatlah untuk bernapas dalam-dalam. Pastikan tidak bernapas dangkal di dada bagian atas, yang merupakan tempat Anda bernapas saat merasa cemas dan stres.

Teknik visualisasi digunakan oleh atlet top untuk membantu mendapatkan mereka dalam kerangka berpikir yang benar. Untuk setiap situasi di mana mereka ingin berhasil. Anda harus memvisualisasikan diri Anda masuk dengan percaya diri ke dalam ruangan. Mengadakan pertemuan yang sukses, bergaul dengan baik dengan bos dan membangun hubungan instan dengan mudah dan percaya diri.

Akhiri dengan memvisualisasikan perasaan bahwa Anda telah mendapatkan apa yang Anda inginkan dari rapat. Perasaan yang Anda dapatkan dari itu luar biasa, dan ketika Anda percaya pada diri sendiri, Anda bisa mewujudkannya.

Sumber: France, S., 2009. The Definitive Assistant & Secretarial Handbook: A best-practice guide for all secretaries, PAs, office managers and executive assistants. Kogan Page, UK


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.