Perencanaan strategis adalah proses mendefinisikan strategi organisasi, atau arah, dan membuat keputusan tentang alokasi sumber daya organisasi (modal dan orang-orang) untuk mengejar strategi ini.
Organisasi yang sukses, terlibat dalam proses bisnis inti secara terus-menerus. Rencana tersebut berfungsi sebagai roadmap yang memberikan arah organisasi dan menyelaraskan sumber daya.
Strategic HR Management
Sebuah elemen penting dari HRM strategis adalah untuk mengembangkan proses dalam organisasi yang membantu menyelaraskan kinerja individu karyawan dengan tujuan strategis organisasi.
Ketika karyawan memahami prioritas organisasi, mereka dapat lebih berkontribusi dengan menerapkan keterampilan mereka untuk memajukan tujuan strategis organisasi.
HR AS ORGANIZATIONAL CONTRIBUTOR
Dalam organisasi di mana ada kompetensi inti yang terkait dengan orang-orang, praktik HR memainkan peran strategis yang signifikan dalam meningkatkan efektivitas organisasi.
Internal Environmental Analysis
Kekuatan dan kelemahan organisasi merupakan faktor-faktor dalam organisasi yang dapat membuat atau menghancurkan nilai. • Ketika menilai lingkungan internal, manajer mengevaluasi kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, praktek SDM, dan budaya organisasi. Eksternal Environmental Analysis
Peluang dan ancaman muncul dari lingkungan eksternal dan dapat berdampak pada organisasi. Banyak dari kekuatan ini tidak berada dalam kendali organisasi, tetapi harus dipertimbangkan organisasi.
Berurusan dengan ketidakpastian dalam lingkungan eksternal menjadi keterampilan penting bagi perencana. Penilaian lingkungan eksternal mencakup penilaian kondisi ekonomi, pengaruh politik legislatif, perubahan demografis, dan masalah geografis dan kompetitif
Rangkuman
Strategi organisasi merupakan proposisi tentang bagaimana organisasi dapat bertahan, bersaing, dan berkembang
HR harus terlibat dalam pengembangan dan pelaksanaan keputusan strategis organisasi.
Perencanaan strategis adalah proses bisnis inti yang menghasilkan peta jalan arah organisasi.
Manajemen SDM Strategis (HRM) mengacu pada penggunaan praktek HRM untuk mendapatkan atau mempertahankan keunggulan kompetitif dengan menyelaraskan kinerja individu karyawan dengan tujuan strategis organisasi.
Pemindaian lingkungan membantu untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman organisasi dalam menyusun perencanaan.
Selama penilaian lingkungan eksternal, manajer HR mengidentifikasi dampak kondisi ekonomi, pengaruh politik legislatif, perubahan demografis, dan masalah geografis dan kompetitif.