LINGKUNGAN BISNIS
lingkungan sebuah bisnis mempengaruhi fungsi sistem bisnis. oleh karena itu lingkungan bisnis dapat didefinisikan sebagai semua kondisi dan kekuatan yang ada didalam maupun diluar setiap unit bisnis, yang akan mempengaruhi arah kebijakan dari suatu perusahaan dalam mengelola aktivitas bisnisnya.
faktor-faktor lingkungan bisnis:
1. Lingkungan Eksternal
a. Lingkungan mikro
lingkungan tugas dan lingkungan operasi karena kekuatan lingkungan mikro berdampak lansung pada
operasi perusahaan. yang termasuk lingkungan mikro yaitu para pelaku bisnis termasuk pemasok,
perantara pemasaran, pesaing, pelanggan, dan masyarakat.
b. Lingkungan makro
lingkungan makro juga dikenal sebagai lingkungan umum dan lingkungan jauh. faktor makro umumnya
lebih terkendali, ketika faktor-faktor makro menjadi tidak terkendali, keberhasilan perusahaan
tergantung pada kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan.
faktor makro yaitu faktor sistem ekonomi, faktor sosial, faktor politik, faktor hukum, dan faktor
teknologi.
2. Lingkungan Internal
lingkungan yang memiliki dampak lansung terhadap bisnis. ada faktor internal yang umumnya dikendalikan
karena perusahaan memiliki kontrol. faktor internal penting yang memiliki pengaruh pada strategi dan
keputusan lain dari organisasi internal :
a. sistem nilai bisnis
sistem nilai pendiri dan orang-orang pengambil keputusan memiliki pengaruh penting pada pilihan bisnis,
misi dan tujuan, kebijakan bisnis organisasi dan praktik.
b. misi, visi, dan tujuan bisnis
visi berarti kemampuan untuk berpikir tentang masa depan dengan imajinasi dan kebijaksanaan. adapun
misi adalah media melalui mana tujuan tercapai.
c. struktur dan sifat manajemen bisnis
struktur organisasi mempengaruhi keputusan bisnis. dalam struktur organisasi seperti komposisi dewan
direksi, mempengaruhi keputusan bisnis karenan mereka adalah faktor internal. struktur, dan tipe
organisasi memungkinkan dapat menunda atau mempercepat pengambilan keputusan dalam organisasi
bisnis.hubungan antara orang yang bekerja di tiga tingkat organisasi harus harmonis.
d. sumber daya manusia
SDM merupakan faktor penting untuk setiap organisasi karena kontribusi dalam membentuk kekuatan
atau sebaliknya melemahkan setiap organisasi, sumber daya manusia di setiap organisasi harus memiliki
karakteristik seperti kemampuan, kualitas, moral tinggi, komitmen terhadap sikap, pekerjaan, dan
sebagainya. budaya organisasi dan lingkungan secara keseluruhan akan mempengaruhi.
e. citra perusahaan dan ekuitas merek (brand equity)
citra perusahaan di pasar luar memiliki dampak pada lingkungan internal perusahaan. ini membantu
dalam meningkatkan keuangan, membuat usaha patungan, aliansi lainnya, ekspansi dan akuisisi,
memasuki kontrak jual beli, meluncurkan produk baru, dan lain-lain.
faktor lainnya yang berkontribusi terhadap keberhasilan atau kegagalan bisnis adalah sebagai berikut:
1. aset fisik dan fasilitas
kapasitas produksi dan teknologi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi daya saing perusahaan.
tenaga kerja yang kompeten merupakan asset penting yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan.
2. penelitian dan pengembangan (R&D)
meskipun departemen R&D pada dasarnya dilakukan oleh lingkungan eksternal tetapi memiliki dampak
lansung pada organisasi, R&D dapat menentukan kemajuan terutama aspek kemampuan perusahaan
untuk berinovasi dan bersaing.
3. sumber pemasaran
sumber pemasaran, seperti organisasi pemasaran, kualitas orang-orang pemasaran, ekuitas merek dan
jaringan distribusi memiliki pengaruh lansung terhadap efisiensi pemasaran perusahaan.
4. faktor keuangan
faktor-faktor seperti kebijakan keuangan, posisi keuangan dan struktur modal juga merupakan lingkungan
internal penting yang mempengaruhi strategi, keputusan, dan kinerja bisnis.