STRATEGI PENYESUAIAN HARGA
Lima strategi penyesuaian harga yang sering digunakan dalam sektor swasta, dengan penerapan yang juga dapat di sektor publik. Diskon dan potongan harga, segmentasi harga, harga psikologis, harga promosi, dan harga geografis.
————————————————————————————————————
Strategi Uraian Contoh nyata
————————————————————————————————————
Diskon dan potongan harga Mengurangi harga melalui penggunaan Sebuah kota menawarkan tarif
kupon diskon, tarif borongan, rabat, parkir yang rendah untuk mobil
dan lainnya. hibrida.
Segmentasi harga Menyesuaikan harga berdasarkan Perusahaan milik negara mem-
perbedaan pelanggan, produk, berikan tarif yang murah kepada
atau lokasi. warga yang berpendapatan
rendah atas pemakaian fasilitas
umum.
Harga psikologis Menyesuaikan harga agar mem- Dinas kesehatan mengenakan
berikan dampak psikologis. denda kepada pembuang
puntung rokok di jalan raya.
Harga promosi Mengurangi harga untuk menaikkan Memberikan harga murah
penjualan jangka pendek kepada 3.000 pelanggan
pertama.
Harga geografis Menyesuaikan harga berdasarkan Pembayaran denda pembuangan
lokasi geografis pelanggan. puntung rokok di jalan raya
di Surabaya.
————————————————————————————————————