APA YANG DIPASARKAN
ada 10 macam produk yang dipasarkan
1. Barang (mobil, TV, radio, HP, mesin dan sebagainya)
2. Jasa (penerbangan, hotel, sewa mobil, salon kecantikan, perbankan,
jasa hukum, kesehatan, pelatihan, konsultan).
3. Pengalaman (Experience)
4. Event (pameran seperti jakarta fair, berbagai pameran, olahraga).
5. Person (orang), misalnya pemasaran selebriti, presenter, petinju, pengacara, motivator mempunyai
manajer.
6. Place (tempat)
7. Property. Properties merupakan hak kepemilikan yang tak terlihat baik “real property” seperti real estate
atau “financial property” seperti stocks and bonds. Properties dapat diperjualbelikan dan ini memerlukan
pemasaran.
8. Organisasi. organisasi berusaha membangun citra yang kuat dan unik di benak “target publics” mereka,
seperti kantor pos beriklan “kita ada karena anda”…..PN Pegadaian “memecahkan masalah tanpa
menimbulkan masalah”
9. Informasi (Information). Informasi bisa diproduksi dan dijual seperti produk. Universitas dan berbagai
sekolahan menjual informasi kepada orang tua mahasiswa/murid, mungkin berupa brosur.
10. Ide (Ideas). setiap “market offering” mencakup suatu ide dasar. misalnya Charles Revson dari Revlon
mengatakan “In the factory, we make cosmetics; in the store we sell hope”. Seorang wanita membeli
lipstik buatan Revlon mempunyai harapan agar setelah memakai lipstik menjadi lebih cantik.
sebetulnya produk/barang dan jasa bisa menjadi media/perantara untuk menyampaikan beberapa ide
atau manfaat.
PEMASAR DAN PROSPEK