Seorang sekretaris harus:
1.      Orientasi pada tujuan
2.      Pragmatis
3.      Efisien
4.      Teliti
5.      Setia
6.      Memiliki kualitas kepemimpinan

Orientasi Tujuan
Seorang sekretaris harus memiliki keseimbangan dalam kehati-hatian, ketegasan dan merasa nyaman serta santai dalam lingkungan kerjanya. Dia harus dapat memainkan perannya dan menerima panggilan atau komplain yang sering berurusan dengan masalah kantor secara mandiri. Dia harus memiliki tujuan dan ambisi, tetapi pada saat yang sama tidak terlalu kompetitif.

Pragmatisme
Seorang sekretaris harus menjadi pemikir praktis dan logis dan memiliki sikap bijaksana yang  tinggi. Seorang sekretaris harus berbagi informasi ringkas dan ramah, serta profesional.
Efisiensi
Seorang sekretaris harus memiliki prioritas yang kuat dan keterampilan untuk dapat menangani tugas-tugas rutin di dalam suatu organisasi.

Ketelitian
Seorang sekretaris harus sangat berkomitmen untuk kualitas kerja dan harus mentaati aturan, prosedur dan protokol. Memperhatikan apa yang dikatakan dan mengikuti instruksi yang benar dan telah ditetapkan organisasi

Loyalitas
Seorang sekretaris harus menunjukkan komitmen terhadap kerja dan atasan dan bekerja sebagai anggota  tim kantor yang berdedikasi.
Kepemimpinan
Seorang sekretaris harus bisa mendelegasikan pekerjaan, memberikan umpan balik, memberikan arah dan mengambil alih dalam kerja di kantor. Termasuk menangani konflik dengan cara diplomatik.

Kunci kualitas seorang sekretaris yang sukses:
• Kepercayaan
• Kejujuran
• Keandalan
• Kepedulian
• Kerahasiaan
Seorang sekretaris harus memiliki keterampilan berikut khususnya:
• Keterampilan Organisasi
• Penampilan rapi
• Etiket telepon yang baik
• Keterampilan komunikasi yang baik
• Kemampuan dalam mengambil instruksi dan membawa mereka keluar
• Mampu mengetik dengan akurat dan cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.