Asisten administrasi ialah seseorang yang  melakukan berbagai tugas administratif dalam suatu organisasi.
Tugas-tugas asisten administrasi sebagai berikut:
·         Menyortir dan mendistribusikan surat masuk ke bagian-bagian dan atau staf dalam organisasi, dan pengiriman surat keluar.
  • Menulis surat bisnis, laporan atau memorandum  dengan menggunakan komputer.
  • Menjawab pertanyaan melalui telepon jawaban dari pelanggan, membantu customer untuk mendapatkan info yang benar dan tepat.
  • Mengoperasikan berbagai mesin kantor seperti mesin fotokopi, komputer dan faks.
  • Melakukan penyimpanan terhadap file dan dokumens.
  • Melakukan tugas lain seperti perbankan, kontrol kredit atau fungsi penggajian.
Asisten administrasi diperlukan untuk melaksanakan berbagai tugas atau untuk berkonsentrasi hanya pada satu atau dua tugas-tugas tertentu.
Asisten administrasi biasanya bekerja di dalam ruangan, dan dapat bekerja sendiri atau dalam tim dengan asisten administrasi lainnya, staf profesional dan staf teknis. Asisten administrasi yang berpengalaman dapat melakukan tugas yang lebih kompleks dan tanggung jawab.
Dengan pengalaman dan tingkat pendidikan yang lebih tinggi, dimungkinkan untuk menduduki posisi yang lebih tinggi, seperti administrator kantor, manajer lini depan atau administrator divisi lainnya.
Persyaratan pribadi:
  • Mampu bekerja secara metodis, akurat dan rapi
  • Mempunyai keterampilan komunikasi lisan dan tertulis  yang baik
  • Mampu bekerja sebagai bagian dari tim.
Pekerjaan-pekerjaan terkait:
  • Pegawai akuntansi
  • Pegawai Bank
  • Bea Cukai Broker
  • HRD/Personalia
  • Pegawai  Asuransi
  • Administrator
  • Resepsionis
  • Konsultan Rekrutmen
  • Operator 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.