PEKAN SEKRETARIS, GARDEN PALACE HOTEL, 21 APRIL 2013
SEMINAR “HONORING THE OFFICE PROFESSIONALS WHO MAKE OFFICES WORK”
Pembicara: 1. DR. Dra. Pinky Saptandari, MA (dosen Fisip Universitas Airlangga)
2. Upi Thaib (Natasa Group)
Administratif Profesional Sebagai Kekuatan Dalam Dunia Kerja Administratif Profesional membutuhkan manajemen pengelolaan SDM unggul & tangguh:
-Manajemen diri
-Manajemen waktu
-Manajemen organisasi
Kunci pengembangan administratif profesional:
1.Kompetisi & keunggulan
2.Kompetensi
3.Komitmen & motivasi
4.Dukungan tim
5 aspek perubahan mindset & visi baru administratif profesional:
1.Pengetahuan
2.Psikososial
3.Aspek seni
4.Aspek religi/spiritualitas
5.Aspek ekonomi
Antara administratif profesional dan kepemimpinan Administratif profesional membutuhkan kemampuan kepemimpinan dan kepemimpinan itu dipelajari & dipraktikkan.
10 karakter pemimpin yang dikagumi:
1.Jujur
2.Kompeten
3.Visioner
4.Inspiratif
5.Cerdas
6.Adil
7.Berwawasan luas
8.Berani
9.Konsisten
10.Imajinatif
Membangun nilai-nilai, sikap & perilaku profesionalisme:
K = Komitmen
I = Integritas
S = Sinergi
S = Service
Jenjang kebutuhan pokok manusia & Profesionalisme kerja
1.Kebutuhan mempertahankan hidup, meliputi sandang, pangan, papan sebagai kebutuhan primer dalam
kebutuhan biologis & psikologis
2.Kebutuhan rasa aman, manifestasi dari kebutuhan adalah kebutuhan akan keamanan jiwa, keamanan harta,
perlakuan adil, jaminan hari tua.
3.Kebutuhan sosial, sebagai makhluk sosial ada kebutuhan untuk berteman, bersosialisasi, berjejaring &
berorganisasi sebagai manifestasi eksistensi dalam kehidupan sosial masyarakat.
4.Kebutuhan akan penghargaan/prestise, semakin tinggi status semakin tinggi pula prestisenya yang di
manifestasikan dalam banyak hal, misal kendaraan, busana bermerk, perhiasan,dll
5.Kebutuhan mempertinggi kapasitas kerja, merupakan keingina mengembangakan kapasitas mental dan
kapasitas kerja melalui berbagai cara, seperti seminar, training, dll
Kesimpulan: Administrative office cakupannya lebih luas daripada sekretaris, sehingga disini dibutuhkan seseorang yang bisa melakukan pekerjaan perkantoran secara profesional dan kompeten.