DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Pemasaran Digital yaitu suatu kegiatan mempromosikan sampai mendistribusikan produk atau jasa menggunakan sistem berbasis teknologi. Di era revolusi 4.0 yang mengharuskan semua sektor perdagangan menggunakan sistem berbasis teknologi. Jadi semua aktor harus mengkondisikan perubahan zaman yang cepat berubah dari sektor makanan, pendidikan, perhotelan, travel kalau tidak cepat berubah maka akan tertinggal tidak dapat menghadapi persaingan yang semakin cepat.
Perilaku konsumen adalah hal mendasar seperti perilaku individu,organisasi untuk mempengaruhi keputusan pembelian, dimana keputusan pembelian ini didasarkan pada faktor pencarian informasi mengenai produk atau jasa dan juga membandingkan kualitas dan harga dengan produk lain yang sejenis. Dampak pemasaran digital mempunyai dampak positif mauoun negatif bagi perilaku konsumen sebagai dasar untuk melakukan pembelian. Dampak positif pemasaran digital adalah sebagai berikut:
- produk semakin cepat terjual secara meluas,dapat menjangkau semua segmen dari demografi, geografis, perilaku.
- konsumen tidak perlu keluar biaya transportasi untuk dapat melakukan pembelian, hanya cukup menggunakan kuota internet saja.
- proses pembeliannya sangat simpel hanya cukup melihat produk/jasa yang disukai lalu dapat melakukan pemesana secara online.
- Harganya ekonomis menjangkau semua segmen dari demografis, geografis, psikograsif, dan perilaku.
Selain dampak positif ada juga dampak negatif dari pemasaran digital,yang dijelaskan sebagai berikut:
- Kualitas produk tidak dapat diketahui secara jelas karena konsumen tidak dapat memilih kualitas produk tersebut
- Proses pemesanan sampai barang sampai tujuan membutuhkan waktu yang lama lurang lebih 1 minggu setelah pemesanan. Berbeda dengan pembelian dilakukan secara offline secara cepat barang tersebut didapat konsumen.
- Bagi penjual merasa rugi apabila konsumen memesan barang secara COD (barang datang lalu dibayar) ketika barang datang tetapi konsumen mencancel barang tersebut yang yang disebabkan
- Konsumen menunggu sangat lama datangnya barang tersebut.
- Konsumen tidak sesuai dengan harapannya tentang kualitas barang tersebut
Jadi kesimpulannya dampak positid dan negatif bagi penjual maupun pembeli sangat menentukan keputusan pembelian konsumen.Konsumen adalah raja yang harus dipenuhi kebutuhannya. Kita tidak ada konsumen berarti kita tidak dapat bekerja. Karena tidak ada produk/jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Jadi kita harus dapat memuaskan konsumen agar dapat loyalitas melakukan pembelian terhadap produk/jasa yang kita jual. Sebagai sorang pemasar kita harus dapat membaca perilaku konsumen agar usaha kita dapat bertahan menghadapi persaingan yang kompetitif di era revolusi industri 4.0.