Ujian Akhir Semester Praktikum Fruit and Vegetable Carving Mahasiswa Perhotelan Semester IV Politeknik NSC Surabaya

Kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS) adalah kegiatan evaluasi dalam proses belajar mengajar yang diadakan pada akhir semester untuk mengetahui pencapaian hasil pembelajaran dalam satu semester yang telah disusun dalam program perkuliahan. Dalam Ujian Akhir Semester ini, Ibu Riris Yuniarsih S.St.Par, M.M., M.MPar., selaku dosen Mata Kuliah Fruit and Vegetables  Carving mengadakan lomba dalam rangka HUT Kota Surabaya ke 725 yang bertepatan di bulan Mei dengan mengusung  tema “NSC FOR SURABAYA BIRTHDAY”

Ketentuan Lomba Fruit Carving

Lomba tersebut  membuat karya seni sesuai dengan tema yaitu “Gemerlap Surabaya Birthday” , ketentuan lomba yaitu :

  1. Peserta lomba adalah Mahasiswa/ i aktif semester 4
  2. Setiap kelompok maksimal 5 orang
  3. Karya seni dibuat dalam 4 dimensi
  4. Peserta bisa mengembangkan judul hasil karyanya sesuai dengan tema
  5. Peserta diharapkan memakai bahan dan alat yang sudah disediakan panitia untuk perlombaan
  6. Peserta diberikan waktu maksimal 15 menit untuk mendeskripsikan hasil karyanya pada saat penjurian

Tata Tertib Lomba Fruit Carving

Peserta harus mematuhi tata tertib saat perlombaan berlangsung, diantaranya :

  1. Judul hasil karya boleh dikembangkan oleh peserta, tetapi tidak boleh menyimpang dari tema yang telah diberikan oleh panitia.
  2. Name tag judul hasil karya peserta dibawa oleh tiap peserta, sesuai dengan tema yang telah dikembangkan oleh peserta.
  3. Peserta diberikan alokasi waktu selama 2 jam untuk mengerjakan karya mereka masing-masing.
  4. Karya dari tiap-tiap peserta murni dirangkai di area lomba
  5. Tidak diizinkan membawa rangkaian atau bahan yang sudah jadi/setengah jadi, tetapi kayu/sterofoam dapat digunakan hanya untuk alas karya dari tiap peserta.

 Pelaksanaan Lomba Fruit Carving

Mahasiswa semester IV Prodi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya melakukan Ujian Akhir Semester (UAS) Fruit and Vegetable Carving. UAS tersebut menggunakan bahan praktek dari berbagai macam sayuran dan buah yang cocok digunakan untuk mengukir. Misalnya seperti tomat, wortel, lobak, zucchini sampai buah-buahan yang besar seperti semangka, pepaya, serta labu kuning. Dari bahan-bahan tersebut mahasiswa membuat kreasi dalam bentuk 4 dimensi.

Mahasiswa membentuk beberapa kelompok,  tiap kelompok terdiri dari 4 sampai 5 mahasiswa. Satu kelompok membuat satu tema kreasi dari buah atau sayur yang sudah disiapkan.  Sebelumnya para mahasiswa diperbolehkan untuk mencari referensi dengan mengaplikasikan desain yang telah mereka buat.

Kriteria penilaian untuk tiap kreasi adalah dilihat dari sudut pandang  :

  1. Kesulitan/Kerumitan
  2. Keserasian dalam memadukan judul dengan hasil karya yang dibuat
  3. Keanekaragaman bahan yang dipakai
  4. Kebersihan dan Kerapian
  5. Hasil pendeskripsian hasil karya tiap kelompok
  6. Penilaian hasil akhir dari penjurian

Penilaian & Pemenang Lomba Fruit Carving

Juri dalam lomba Fruit and Vegetable Carving ini dinilai oleh beberapa dosen Perhotelan Politeknik NSC Surabaya, diantaranya dosen Mata Kuliah Fruit and Vegetables Carving sendiri yaitu Ibu Riris Yuniarsih S.St.Par, M.M., M.MPar., Kaprodi Perhotelan yaitu Bapak Kristian Triatmaja Raharja, S.Pd., M.Kes. , serta Ibu Yuniawati Ekaningrum, S.E., M.Sc.

Setelah melakukan penilaian maka diambil 3 pemenang dari 6 kelompok yang mengikuti lomba, yaitu Juara 1 (satu) yang beranggotakan Debyo M. Sidik, Yusuf Adi Kurniawan, dan Zefanya J. Waworuntu. Juara 2 jatuh pada kelompok yang beranggotakan Muhammad Tha’At Mugiono, Dila Khoirunnisa, Destya Wini, Olivia, dan Sandi. Juara 3 oleh kelompok yang berangggotakan Dodik Permana Putra, Sandi Santoso, Kevin Ibrahim Ardiansyah, Ramadhan Dwi Prasetyo.

Dari perlombaan tersebut Ibu Riris Yuniarsih S.St.Par, M.M., M.MPar. mengapreasiasikan mereka dengan memberi hadiah pada masing-masing juara. Semoga kedepannya para mahasiswa-mahasiswi dapat mengaplikasikan mata kuliah yang sudah diterapkan untuk dunia kerja serta diharapkan dapat menjadi peluang usaha.

“NSC YES WE CAN….!!!” 

Dibawah ini merupakan cuplikan video kreasi Fruit Carving dalam suasana Ujian Akhir Semester :

Source by: Isnin Amal Nuari, A.Md. Par. (Laboran Perhotelan Politeknik NSC Surabaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *