PRAKTIKUM FRONT OFFICE SECTION DALAM MATA KULIAH FRONT OFFICE PRODI PERHOTELAN

Mata Kuliah berbasis kompetensi di Politeknik NSC harus dikuasai oleh para mahasiswa/i semua Program Diploma. Hal ini bertujuan untuk memenuhi permintaan di dunia kerja dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas tinggi. Front Office adalah area di mana pengunjung tiba dan pertemuan pertama dengan staf di tempat bisnis. Staf front office akan berurusan dengan pertanyaan apa pun yang dimiliki pengunjung, dan menempatkan mereka dalam kontak dengan orang yang relevan di perusahaan. Secara garis besar, front office termasuk peran yang mempengaruhi pendapatan bisnis (http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Front_office&prev=search). Disinilah tantangan bagian Front Office akan berpengaruh pada keberhasilan bisnis karena bagian inilah yang pertama ditemui customer. Sehingga itu penting bagi seorang Front-liner untuk mempertahankan layanan yang baik.

Mata Kuliah Front Office

Dalam perkuliahan di Program Diploma III Perhotelan Politeknik NSC Surabaya memuat salah satu Mata Kuliah Front Office. Dalam proses perkuliahan Mata Kuliah Front Office dibagi menjadi  2 yaitu Front Office 1 pada semester 2 dan Manajemen Front Office  pada semester 3.

Pada Mata Kuliah Front Office 1 mencakup beberapa bagian yakni seperti reception, concierge, reservations, dan telephone operator. Pada Mata Kuliah Front Office 1, mahasiswa diajarkan untuk memahami tugas pokok dan tanggung jawab sebagai seorang front-liner. Sedangkan pada Mata Kuliah Manajemen Front Office, mahasiswa memperoleh pengetahuan dan pemahaman terutama yang berkaitan dengan manajemen front office di hotel.

Praktikum Mahasiswa/i Prodi Perhotelan akan membentuk sebagai seorang Receptionist dengan tugasnya, antara lain:

  1. Memiliki informasi yang akurat tentang ketersediaan kamar
  2. Berkewajiban untuk melakukan pencatatan seperti tingkat hunian (occupancy rate)
  3. Memperkirakan tingkat hunian (occupancy forecast)
  4. Menghitung jumlah harga khusus kamar yang terjual (discounted rate)
  5. Menghitung jumlah kamar yang tidak terjual (no show)
  6. Mengetahui rata-rata lama tinggal (average length of stay)
  7. Mengetahui nama tamu penting yang sedang dan yang akan menginap (VIP list)
  8. Mengetahui data statistik lain untuk keperluan manajemen, baik harian, bulanan maupun tahunan.

Praktikum Front Office Prodi Perhotelan Politeknik NSC berlangsung di laboratorium Front Office. Sebuah ruangan yang di desain khusus seperti lobby hotel. Laboratorium Front Office dilengkapi dengan 2 set Computer, Telephone, Front Desk, Room Rack, dan Sofa Lobby.

Praktikum Front Office

Pelayanan Reception dalam menanggani tamu  yang akan Check in atau Check Out

 

Pelayanan Concierge dalam melayani tamu yang akan Check in ataupun Check out

 

Pelayanan Telephone Operator dan Reservation

Setelah lulus nanti diharapkan agar para mahasiswa dan mahasiswi Prodi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya telah menjadi pribadi yang kompeten dan memiliki professional skill dibidangnya masing-masing dan juga dapat menjadi seorang lulusan yang profesional, kreatif, mandiri dan mewakili wawasan internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *