Praktek Housekeeping Program Studi Perhotelan ke Panti Asuhan Darul Hikmah

Mahasiswa Program Studi Perhotelan telah melakukan pengabdian masyarakat ke Panti Asuhan Darul Hikmah yang beralamat di Gubeng Kertajaya 5C Surabaya. Kegiatan dilakukan sekaligus sebagai aktivitas penelitian bersama antara dosen – mahasiswa pada mata kuliah Housekeeping. Penelitian ini sebagai bagian dari program Teaching Excellence Framework (TEF) yang diusung oleh Politeknik NSC Surabaya. Selain itu, kegiatan tersebut juga memadukan antara teori dan praktek dari mata kuliah Prodi Perhotelan yaitu Housekeeping I, Housekeeping II, dan Manajemen Housekeeping.

Praktek Housekeeping & Pengabdian Masyarakat

Terdapat beberapa tahapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa/i Program studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya, yaitu:

1. Tahap Persiapan

Mata kuliah Housekeeping diajarkan kepada mahasiswa dengan tujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan (skill) dan pengetahuan dibidang pelayanan kebersihan area dan pengelolaan ruang. Area yang dimaksud mencakup kebersihan kamar maupun publik area. Sebelum berangkat, dosen pengampu mata kuliah Ibu Riris Yuniarsih, S.St.Par, M.M., M.MPar. memberikan pengarahan dan pembagian tugas kepada mahasiswa/i Prodi Perhotelan. Mahasiswa yang terlibat adalah mahasiswa/i angkatan 2016 dan angkatan 2017. Kelompok yang berangkat ke Panti Asuhan Darul Hikmah adalah kelompok 1 yang diketuai oleh Sdr. Faldo Zely Nugroho (2016). Anggota kelompok akan dibagi menjadi kelompok – kelompok kecil yang akan membersihkan area depan dan mushola di Panti Asuhan Darul Hikmah.

2.Tahap Wawancara Pendahuluan

Setelah tiba di Panti Asuhan Darul Hikmah, acara dibuka oleh pengurus panti dan diberikan pengarahan oleh dosen. Selanjutnya mahasiswa/i membaur bersama adik – adik dan melakukan wawancara awal. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui pengetahuan dasar adik – adik mengenai “Apakah housekeeping itu?” dan pengetahuan lain mengenai publik area. Selain itu mereka juga diberikan pertanyaan mengenai bagaimana cara adik – adik membersihkan ruangan dan perabot.

3.Tahap Praktek

Pada tahap ini, mahasiswa/i Prodi Perhotelan memberikan demonstrasi bagaimana cara yang tepat dan benar dalam membersihkan publik area. Selain itu mereka juga memperkenalkan nama peralatan yang digunakan untuk membersihkan ruang dan perabot. Mahasiswa/i juga mempraktekkan tahapan dalam membersihkan lantai (floor). Selanjutnya peserta atau adik -adik mencoba sendiri berdasarkan penjelasan yang telah diberikan.

4.Wawancara Akhir

Kegiatan terakhir yaitu wawancara yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana manfaat yang dapat dipetik dari penjelasan dan praktek yang telah dilakukan sebelumnya. Disini mahasiswa akan mengisi kuesioner berdasarkan hasil wawancara. Dapat diketahui bahwa, pengetahuan akan metode dan peralatan yang tepat digunakan untuk membersihkan publik area semakin baik dan meningkat dibanding saat wawancara awal. Hal ini terlihat dari antusiasme dan dari jawaban adik – adik Panti Asuhan Darul Hikmah.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi. Diwujudkan dengan memadukan antara aktivitas pembelajaran atau pendidikan di kelas, kegiatan penelitian antara dosen –  mahasiswa, serta aktivitas pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian dilakukan dengan cara berbagi ilmu kepada adik-adik bagaimana praktik housekeeping yang tepat dan benar. Selain itu dengan adanya kegiatan bersama lintas angkatan, yaitu angkatan 2016 dan 2017, diharapkan semakin mempererat hubungan antara kakak dengan adik tingkat. Semoga kegiatan ini bermanfaat. Politeknik NSC Surabaya, Yes We Can!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *