PRAKTEK FRUIT CARVING MAHASISWA PERHOTELAN POLITEKNIK NSC SURABAYA

Pengertian Fruit Carving

Fruit Carving adalah sebuah seni yang menghidangkan makanan dengan keindahan. Biasanya media yang digunakan adalah buah-buahan berbentuk bulat serta memiliki tekstur yang lunak. Fruit Carving merupakan  seni mengukir buah yang mempesona, dengan peralatan yang cukup sederhana. Peralatan yang digunakan yaitu cutter, pisau ukir, dan tusuk gigi jika diperlukan bisa membuat buah tampak lebih indah.

Mengenai eksistensi seni memahat buah di Indonesia saat ini, ternyata telah banyak hotel dan restoran mengadopsi fruit carving sebagai hiasan. Fruit Carving akan diletakkan di tengah meja atau sebagai dekorasi tampilan makanan pada acara-acara sosial, acara perusahaan, serta perayaan pernikahan. Dalam seni fruit carving memerlukan ketelatenan dan daya imajinasi yang kuat, serta dibutuhkan jiwa seni yang tinggi agar mampu belajar mengukir buah menjadi apa yang diinginkan. Tujuannya supaya daya cipta dan kreatifitas ide dalam menyajikan hidangan menjadi mahal karena terkandung nilai seni yang tinggi.

Praktek Fruit Carving

Di Politeknik NSC Surabaya, khususnya di Prodi Perhotelan, mahasiswa dibekali mata kuliah Fruit Carving pada semester 4 yang diajarkan oleh Dosen Pengampu Ibu Riris Yuniarsih, S.St.Par, M.M., M.MPar . Tiap pertemuan materi kuliah fruit carving, mahasiswa/i diberi kesempatan untuk mengukir buah secara individu. Masing-masing mahasiswa mendapatkan buah sesuai dengan materi yang akan dipraktekkan pada hari tersebut. Tiap pertemuan akan berbeda materi yang akan dipraktekkan, dan untuk permulaan materi yang dipilih adalah buah yang bertekstur lembut seperti buah tomat.  Untuk pertemuan berikutnya akan bertahap tingkat kesulitan buah yang akan diukir seperti buah semangka, melon, pepaya, pir. Untuk sayur biasanya pumpkin, zucchini , lobak, ataupun wortel.

Berikut adalah kegiatan praktek yang dilakukan mahasiswa-mahasiswi semester 4 Program Studi Perhotelan:

Hasil Praktek Friut Carving

Gambar di bawah ini adalah praktek Fruit Carving oleh Mahasiswa/i Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya. Buah yang digunakan adalah Tomat sebagai media pembelajaran karena tekstur buahnya yang lunak. Dengan adanya praktikum fruit carving, mahasiswa/i dapat mengaplikasikannya di dunia kerja maupun sebagai peluang usaha.

Source by: Isnin Amal Nuari, A.Md. Par. (Laboran Perhotelan Politeknik NSC Surabaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *