Troubleshooting Hardware oleh Mahasiswa Teknologi Komputer Politeknik NSC Surabaya

Pengertian Troubleshooting

Troubleshooting adalah adanya suatu masalah atau adanya ketidak normalan pada komputer kita. Masalah komputer atau troubleshooting dibagi menjadi 2 troubleshooting hardware dan troubleshooting software.

  • Troubleshooting hardware biasanya ditandai dengan komputer tidak dapat menyala, monitor mati dan lain sebagainya.
  • Troubleshooting software ditandai dengan lambatnya kinerja komputer dan lain-lain.

Salah satu mata kuliah yang dipelajari oleh Mahasiswa Teknologi Komputer Politeknik NSC Surabaya yaitu Troubleshooting. Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa bagaimana melakukan perbaikan dan penelusuran kerusakan pada hardware komputer dan jaringan. Gambar dibawah ini menunjukkan mahasiswa Prodi Teknologi Komputer saat melakukan troubleshoot, pengecekan, dan perbaikan hardware:

Troubleshoot oleh Mahasiswa Teknologi Komputer

Troubleshoot hardware oleh mahasiswa semester I Prodi Teknologi Komputer mencakup:

  1. Pengecekan dan pemeriksaan aliran listrik ke komputer
  2. Memastikan pemasangan komponen-komponen laptop dengan benar : agar tidak ada komponen yang kendor dalam pemasangannya.
  3. Melakukan Pengecekan pada Motherboard laptop
  4. Membersihkan komponen yang ada di dalam laptop

Mata kuliah Troubleshooting yang diampu oleh Bapak Heru Prasetyo, M.Kom, merupakan salah satu mata kuliah yang pembelajarannya menekankan pada praktek dibandingkan teori. Disini mahasiswa secara langsung dan mandiri melakukan pengecekan serta memperbaiki apabila ada komponen laptop atau komputer yang mengalami kerusakan. Pembelajaran di Politeknik NSC Surabaya menitikberatkan pada 60% praktek dan 40% teori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *