MINUMAN HERBAL DALAM BARTENDING

Pada kesempatan kali ini, admin akan bercerita mengenai praktek Bartending II. Praktikum mahasiswa/i Prodi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya semester III mengambil tema “Minuman Herbal – Olahan Minuman Non-alkoholik”. Mata Kuliah yang diampu oleh Ibu Endah Lestari,S.ST.Par., M.Par. ini mencoba memberikan materi minuman herbal sebagai minuman fungsional yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain fungsi utama minuman juga untuk menghilangkan dahaga dan kebugaran tubuh.

Mahasiswa diarahkan untuk mengolah resep masing – masing dimana unsur – unsur herbal wajib ada di dalam olahan yang dibuat. Mahasiswa juga harus mengetahui manfaat masing – masing bahan utama minuman yang diolahnya, sehingga terciptalah aneka minuman herbal kreativitas mahasiswa/i Politeknik NSC Surabaya. Seperti yang ditunjukkan video berikut:

Video diatas dari kelompok Adi Satya dan Ramadhan Dwi P. dengan judul minumannya yaitu “Es Panti”. Minuman ini terdiri dari bahan utama daun pandan dan mentimun. Minuman ini berkhasiat untuk menurunkan panas dalam dan darah tinggi, dan juga mencegah gangguan pencernaan.

Video selanjutnya dari Saudara Debyo M. Sidik dan M. Yunus Firmansyah. Mereka mengolah 2 minuman herbal dari teh susu dengan kelopak bunga cempaka dan teh susu manggis secang. Minuman ini memiliki khasiat meredakan panas dalam, menghilangkan bau badan, dan merangsang nafsu makan.

Kelompok Saudari Destya W. Olivia dan Arif berkreasi dengan “Pineapple Fruit Juice Aroma Cengkeh”. Mereka menjelaskan bahwa cengkeh berfungsi untuk menghangatkan tubuh, dan nanas bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mencegah kembung, serta menghilangkan bau mulut.

Kalau Anda mendengar kata sumpah biasanya identik dengan makna janji yang diucapkan dengan penuh tekad. Tetapi sumpah dari disini artinya Susu Rempah – Rempah. Minuman dari kelompok Saudara Dodik Permana Putra dan Ali Makrus ini baik untuk penderita diabetes, serta berfungsi untuk menghangatkan badan, menyembuhkan flu dan radang tenggorokan.

Minuman dari video terakhir dinamakan “Es Sweet Dalibu” kreasi Saudari Tasya Egidia. Dibuat dari bahan lidah buaya atau aloe vera dan soda. Minuman ini memiliki banyak khasiat diantaranya mencegah perut kembung, menambah nafsu makan, mengobati herpes, meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi nyeri, serta menurunkan kadar gula darah.

Minuman – minuman herbal di atas adalah beberapa kreasi mahasiswa/i Program Studi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya. Masih banyak kreasi lainnya yang menunjukkan skill┬ádan kreativitas mahasiswa/i Politeknik NSC Surabaya. Semoga makin maju kampus kita tercinta dengan praktek – praktek pembelajaran yang inovatif dan up-to-date. Yes We Can !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *