Laboratorium Bar dalam Memfasilitasi Kegiatan Praktikum Mahasiswa Perhotelan.

Secara garis besar, Laboratorium merupakan sarana prasarana dalam mendukung proses pembelajaran dan sebagai tempat berlatih untuk mengembangkan ketrampilan mahasiswa. Prodi Perhotelan Politeknik NSC Surabaya mempunyai beberapa fasilitas laboratorium, salah satunya adalah Laboratorium Bar.

Laboratorium Bar di Politeknik NSC Surabaya ini merupakan fasilitas pendukung dalam Mata Kuliah Bertending I & II, Food and Beverage Service I & II, serta mata kuliah Management Food and Beverage Service I & II. Dengan adanya fasilitas ini diharapkan mahasiswa Prodi Perhotelan dapat mengaplikasikan pembelajaran yang sudah di dapatkan dari dosen pengampu yaitu Ibu Endah Lestari,S.ST.Par., M.Par.

Mata Kuliah Bartending adalah salah satu mata kuliah yang memanfaatkan Laboratorium Bar. Mata kuliah ini mempelajari tentang pembuatan minuman campuran,  menciptakan resep-resep baru,  menghitung harga jual (cost) yang diperlukan serta menciptakan daya tarik tersendiri pada minuman yang dikelola tersebut.

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan kegiatan praktek adalah tersedianya peralatan dan perlengkapan yang memadai serta bahan praktek yang digunakan harus benar-benar diperhatikan kualitas dan kuantitasnya.

 

Beberapa perlengkapan Laboratorium Bar di Politeknik NSC Surabaya diantaranya :

  1. Bar Counter merupakan sekat penghalang dimana tamu dapat langsung memesan dan  menerima pelayanan dari petugas bar yang berada di dalam bar counter.
  2. Bar Stool,merupakan kursi tinggi yang terletak di depan bar counter, tempat tamu duduk dan menyaksikan atraksi dari petugas bar.
  3. Bar Display,merupakan rak tempat memajang jenis minuman dan jenis glassware yang tersedia.
  4. Refrigerator/freezer, merupakan lemari pendingin tempat menyimpan minuman.
  5. Sinks,merupakan tempat mencuci gelas-gelas yang kotor.

Dengan adanya fasilitas Laboratorium Bar ini diharapkan mahasiswa-mahasiswi Politeknik NSC Surabaya khususnya Prodi Perhotelan dapat mengembangkan ketrampilannya dari materi yang didapatkan semasa bekuliah, sehingga ketika lulus nanti bisa terjun ke dunia kerja yang mempunyai pribadi yang mampu bersaing secara professional.

Berikut kegiatan Praktek Bartending oleh Mahasiswa Prodi Perhotelan semester III:

Food and Beverage Service

Persiapan bahan dasar (ingredients)

Laboratotium BAR dan Resto Politeknik NSC Surabaya

Memasak di LAB Kitchen

 

 

 

 

 

Proses pembuatan minuman

Produk hasil paraktek mahasiswa

Final Products

2 thoughts on “Laboratorium Bar dalam Memfasilitasi Kegiatan Praktikum Mahasiswa Perhotelan.

  1. Selain praktik di laboratorium bar, praktik bisa juga dilakukan di cafe ataupun di hotel terutama bisa membandingkan prosedur-prosedur dari setiap perusahaan dan standar sesuai teori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *