IKEBANA dalam Mata Kuliah HOUSEKEEPING

Ikebana (生花 ) adalah seni merangkai bunga yang berasal dari Jepang. Seni ini memanfaatkan berbagai bunga, rerumputan, dedaunan dan tanaman dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya.

Ikebana juga dijadikan bahan ajar dalam bidang Hospitality dan mata kuliah Housekeeping di Politeknik NSC Surabaya. Melalui Ikebana, sebuah ruangan yang tampak biasa – biasa saja akan berubah menjadi indah dan bertambah nilai estetikanya.

Mahasiswa dan mahasiswi Semester I Jurusan Perhotelan Politeknik NSC Surabaya mempelajari seni merangkai bunga di mata kuliah Housekeeping dalam bentuk praktikum. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dengan desain se-kreativitas mungkin. Untuk bahan yang dibutuhkan, tiap kelompok dapat mengajukannya kepada asisten laboratorium. Berikut adalah foto mahasiswa/i saat praktek merangkai bunga:

      

Ibu Riris Yuniarsih, S.St., MM., M.M.Par. sebagai dosen pengampu mata kuliah Housekeeping menjelaskan bahwa batang daun yang dapat digunakan adalah yang berbatang keras, sehingga tidak mudah layu dan dapat berdiri tegak saat dirangkai. Selain itu bunga akan dirangkai membentuk garis linear dari kecil – besar atau sebaliknya sesuai desain.

      

      

Dengan adanya praktikum Ikebana diharapkan mahasiswa/i jurusan Perhotelan memperoleh skill atau keahlian lebih. Keahlian ini nantinya dapat dimanfaatkan saat meniti karir atau bahkan menciptakan lapangan kerja baru (entrepreneur). POLITEKNIK NSC YES WE CAN!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *