Pengelolaan Perhotelan

Profil Singkat

Pengelolaan Perhotelan D4 Politeknik NSC Surabaya

Program Studi D4 Perhotelan Kampus Politeknik NSC di Surabaya memiliki tujuan untuk mencetak tenaga kerja yang handal dan profesional di bidang perhotelan yang mampu memahami situasi industri baik secara nasional maupun internasional. Orientasi kurukullum yang diterapkan lebih menekankan pada praktikum dan berbasis pengembangan keahlian. Lulusan D4 Pengelolaan Perhotelan diharapkan memiliki kemampuan praktis dan wawasan tentang kerja lapangan yang lebih kompeten sehingga mudah diterima oleh dunia kerja.

Visi

“Menjadi Program Studi Perhotelan yang bisa menjadi mitra utama bisnis dalam menghasilkan lulusan yang profesional dibidang perhotelan (hospitality industry) yang berkualitas dan berdaya saing global.”

Misi

  1. Mempersiapkan lulusan yang selesai tepat pada waktunya
  2. Menjalin kerjasama dengan stakeholder dalam pemenuhan sumber daya manusia profesional di bidang perhotelan yang berkompeten dan ber-attitute dan selalu siap dengan informasi yang up-date dalam kepariwisataan
  3. Menjadikan perguruan tinggi yang dapat mencetak sumber daya manusia profesional di bidang perhotelan
  4. Mengaplikasikan berbagai keterampilan di bidang perhotelan dalam melakukan pengabdian masyarakat

Kompetensi Lulusan

  1. Pengetahuan dan kemampuan di bidang perhotelan seperti Teori dan Praktik F&B Service, F&B Production, Front Office, Housekeeping, Bar dan Pastry dalam pengembangan serta penerapannya
  2. Sikap dan perilaku seorang insan perhotelan yang profesional sehingga memiliki etos kerja dan disiplin yang tinggi
  3. Wawasan dan ketajaman visi dan misi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang perhotelan, seperti komputerisasi
  4. Memecahkan permasalahan yang terjadi di masyarakat secara cepat dan tepat, khususnya dalam bidang perhotelan

Tujuan Program Studi

  1. Sikap : menjadi lulusan yang memiliki sikap Bertakwa kepada Tuhan YME, beretika, cinta tanah air, berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, dan mampu bekerjasama, serta bertanggung jawab atas pada bidang usaha perhotelan.
  2. Pengetahuan : menjadi lulusan yang menguasai konsep teoretis ilmu pariwisata dan manajemen usaha perhotelan secara mendalam, penelitian, dan konsep kewirausahaan yang diperlukan untuk perancangan, analisis, dan pengambilan keputusan dalam aktivitas layanan hotel secara mendalam.
  3. Keterampilan Umum : menjadi lulusan yang mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dalam mengelola, merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan usaha perhotelan dalam skala nasional maupun internasional, serta menyelesaikan masalah secara mandiri dan kelompok terhadap pekerjaan bidang perhotelan.
  4. Keterampilan Khusus : menjadi lulusan yang mampu menyelesaikan pekerjaan operasional hotel (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) dengan mengidentifikasi lingkungan, kebutuhan, merencanakan strategi dan target dalam pengoperasionalisasian kegiatan usaha dalam skala nasional maupun internasional.

Mata Kuliah yang Diajarkan

SEMESTER 1 SEMESTER 2
F & B Product - I
F & B Service - I
Housekeeping - I
Pastry I
Dasar-Dasar Manajemen
Etika Profesi & Job Preparation
Bahasa Inggris - I
Pengantar Pariwisata dan Perhotelan
F & Product - II
F & B Service - II
Housekeeping - II
Pastry II
Front Office I
Pendidikan Pancasila
Manajemen Hotel
Bahasa Inggris II
SEMESTER 3 SEMESTER 4
Manajemen Pemasaran Hotel 
Akuntansi Hotel
Manajemen F & B Product
Pendidikan Kewarganegaraan
Manajemen Housekeeping
Bartending I
Front Office II
English Profesi I
Perencanaan Jasa Akomodasi
English Profesi II
Bahasa Mandarin I
Pengendalian Biaya
Aplikasi Komputer
Manajemen F & B Service
Bartending II
Manajemen Front Office
SEMESTER 5 SEMESTER 6
Bahasa Indonesia
Manajemen Revenue
Bahasa Mandarin II
Metode Penelitian
Interpersonnal Skill
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Strategik
Manajemen Konvensi
Pendidikan Agama
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Statistik Hotel
Fruit & Vegetables Carving
Psikologi Layanan 
SEMESTER 7 SEMESTER 8
Workshop/Roleplay  
Analisis Operasional Hotel
Kewirausahaan
Kepemimpinan
Metode Penelitian
Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Skripsi

Tenaga Pengajar

  1. Frima Maharani
  2. Johanes Tri Bagasworo
  3. Mafisa Restami
  4. Kristian Triatmaja Raharja
  5. Endah Lestari
  6. Sudono Noto
  7. Pradono
  8. Sugito
  9. Muzaki
  10. Nurmawati

Laboratorium

  1. Laboratorium Komputer
  2. Laboratorium Simulasi Bisnis
  3. Laboratorium Kitchen
  4. Laboratorium Front Office
  5. Laboratorium Housekeeping
  6. Laboratorium Bar
  7. Laboratorium Service

Lowongan Kerja:

Politeknik NSC Surabaya


Anda pengunjung ke : 34,020,665

Daftar

Hubungi Kami
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • Google+
  • WhatsApp