Pada hari Jumat sore hingga malam hari tanggal 4 November 2022 telah diselenggarakan UMKM Festival 2022 di Wisma Lidah Kulon Surabaya. Proyek ini diselenggarakan oleh para mahasiswa program studi sarjana terapan manajemen pemasaran internasional dan program studi diploma 3 administrasi bisnis NSC.

Menurut Octavia Chrisna, penanggung jawab dan humas proyek tersebut sebagai berikut:

Kegiatan ini kami buat dalam rangka memenuhi nilai Ujian Tengah Semester prodi Manajemen Pemasaran Internasional semester 5 mata kuliah Proyek Perencanaan Pemasaran oleh Ibu Mastuti Aksa, S.I.P., M.I.Kom.

Awalnya kami berencana untuk membuat kegiatan berupa webinar dan mengangkat tema “Resesi 2023” namun setelah dipikirkan matang-matang akhirnya kami memutuskan untuk membuat kegiatan secara offline yaitu berupa pameran. Melihat kemajuan dunia kewirausahaan yang semakin pesat dan menjanjikan dan memandang mahasiswa sebagai agen of change tentu harus berperan aktif dimana keberadaan wirausaha merupakan solusi dari permasalahan semakin sulitnya lowongan di dalam dunia pekerjaan. Maka dari itu kami mengangkat acara “UMKM Festival 2022”.

Alasan kami membuat kegiatan ini karena sebelumnya kakak tingkat kami menjalankan proyek secara online saja, mengingat covid-19 sedang tinggi-tingginya saat itu. Keadaan yang sekarang mulai membaik membuat kami yakin melaksanakan proyek ini secara offline meskipun sempat ragu karena Prodi Manajemen Pemasaran Internasional semester 5 hanya terdiri dari 4 mahasiswi saja. Ibu Mastuti memutuskan untuk menggabungkan kelas Prodi Administrasi Bisnis semester 3 dan Manajemen Pemasaran Internasional semester 1 sebagai tim dari proyek kami.

Selain itu, kami ingin kegiatan ini menjadi wujud dari promosi kampus Politeknik NSC Surabaya terutama prodi Manajemen Pemasaran Internasional agar lebih dikenal banyak orang.

Setelah terbentuknya tim, kami mulai menyiapkan keperluan untuk kegiatan.

Kegiatan UMKM Festival 2022 ini berlokasi di Perumahan Wisma Lidah Kulon (Depan Gor Jalaweka) Surabaya barat, pukul 16.00-21.00 WIB. Awalnya yang mendaftar hanya 25 tenant saja sedangkan target kami 30 tenant, namun pada saat hari-H banyak pedagang-pedagang kecil yang tiba-tiba datang dan ikut meramaikan sehingga total ada 42 tenant.

Adanya edukasi dari pihak BPR Jatim (Bank UMKM) membuat acara ini semakin dirasakan manfaatnya oleh pelaku UMKM.

Kami tidak menyangka acara ini disupport oleh banyak orang karena banyak pula pelaku UMKM yang puas dan menginginkan Politeknik NSC Surabaya mengadakan acara ini lagi, hehehe. Oleh karena itu, kami masih menjalin hubungan yang baik sampai saat ini untuk proyek MPI kedepannya.

EDUKASI BPR JATIM (BANK UMKM)

TESTIMONI DARI 3 PELAKU UMKM
LIVE MUSIC

DOKUMENTASI KEGIATAN

Categories: Article

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *