UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) memainkan peran yang sangat penting dalam membangun ekonomi bangsa. UMKM adalah sektor usaha yang terdiri dari unit usaha den gan skala kecil, baik dalam hal jumlah karyawan, omset dan modal. Umumnya, UMKM dimiliki dan dijalankan oleh wirausahawan lokal atau keluarga dengan sumber daya terbatas. Namun bagi sebagian orang menjadi seorang pengusaha sangat menakutkan. Banyak yang berfikir bahwa seorang pengusaha mempunyai resiko yang tinggi seperti rugi, bangkrut, dan lainnya. Sedangkan bila menjadi seorang pegawai hanya resiko kecil saja yang akan dihadapi. Kenyataannya seorang pegawai juga memiliki resiko yang tinggi seperti terkena PHK, pemotongan gaji, pensiun, minimnya gaji yang diperoleh dan lainnya
Mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan di negeri ini yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa mendatang. Mahasiswa harus berperan aktif untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh. Dalam hal ini, kami menyelenggarakan kegiatan Workshop Kewirausahaan tersebut dalam upaya implementasi bidang keilmuan. Serta memberikan wadah keilmuan dalam materi kewirausahaan.
Program studi Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran Internasional sebagai salah satu prodi di Politeknik NSC Surabaya yang memiliki capaian lulusan salah satunya Enterpreneur. memberikan kontribusi Pengabdian Masyarakat dengan mengandeng para UMKM di Wisma Lidah Kulon Surabaya. Kesuksesan dengan terselengaranya kegiatan Seminar dengan Judul “Strategi Cerdas Meningkatkan Penjualan pada UMKM” mendapatkan antusiasme di masyarakat.
Acara ini diawali dengan sambutan dari Bapak Suhardi selaku ketua RW Wisma Lidah Kulon Surabaya yang menyampaikan bahwa para pelaku umkm di lingkungannya selalu didorong untuk dapat mengembangkan usahanya. Dan sebagian besar pelaku usaha disana telah memiliki legalitas usaha berupa NIB.
Kegiatan seminar yang merupakan salah satu kegiatan praktek pada Mata Kuliah Workshop Pemasaran semester 6 Prodi Manajemen Pemasaran Internasional memiliki tujuan diantaranya memberikan motivasi, pengembangan kemampuan dan potensi masyarakat dalam berwirausaha, sehingga mereka menyadari akan pentingnya entrepreneur untuk kemandirian perekonomian bangsa Indonesia.
Selain itu juga menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif sebagai bekal dalam berwirausaha serta memberikan bekal keilmuan dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin cepat berkembang, sehingga diharapkan pelaku UMKM tidak akan tertinggal dalam memasarkan produknya.
Paparan Materi pertama yang berjudul Motivasi kewirausahaan disampaikan oleh Ibu Nina Triolita, S.E., M.M. selaku dosen mata Kuliah Workshop Pemasaran. Para mahasiswa yang mengikuti mata Kuliah Workshop Pemasaran juga memberikan beberapa materi diantaranya Kupas Tuntas Strategi Pengembangan UMKM, Teknik Promosi Melalui Media Sosial, Pembukuan Sederhana Usaha Mikro. Pada ujung acara juga diberikan kegiatan praktek pembukuan sederhana yang dipandu oleh Ibu Evada el Ummah Khoiro, S.AB., M.AB.
Antusiasme Peserta dalam acara terlihat dari kedatangan peserta yang telah datang di Gedung Jalaweka Perumahan Wisma Lidah Kulon Surabaya sebelum acara dimulai. Sebagian peserta yang terdiri dari para ibu-ibu rumah tangga dan telah memiliki usaha merasa senang bisa saling sharing dengan para pelaku usaha lainnya. Kegiatan Seminar ini sebagai salah satu kegiatan yang memberikan wadah bagi Prodi Manajemen Pemasaran Inetrnasional Politeknik NSc Surabaya untuk dapat dekat dengan Masyarakat khususnya kota Surabaya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan pengetahuan bagi masyarakat dalam menjalankan umkm untuk dapat memajukan ekonomi bangsa Indonesia.
Author : Nina Triolita, S.E., M.M.