ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWI AKUNTANSI KELAS PAGI DAN MALAM DALAM MATA KULIAH DASAR-DASAR AKUNTANSI (STUDI PADA MAHASISWA AKUNTANSI diploma 3 Politeknik NSC Surabaya)

  • Thomas Khrisna Sidharta Politeknik nsc surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan tentang kemampuan mahasiswa pagi yang berasal dalam memahami mata kuliah pengantar akuntansi dibanding dengan mahasiwa malam, meskipun mahasiwa malam telah mempunyai pengalaman kerja dalam perusahaan. Dasar-dasar akuntansi yang dijadikan sebagai variabel dalam penelitian ini yaitu: latar belakang akuntansi, laporan keuangan, dan pencatatan transaksi bisnis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 10 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi politeknik NSC Surabaya kelas pagi yang terdaftar sebagai mahasiswa semester 1 yang aktif untuk tahun ajaran 2017/2018 dan 10 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi politeknik NSC Surabaya kelas malam yang terdaftar sebagai mahasiswa semester 1 yang aktif untuk tahun ajaran 2017/2018.


 


Sedangkan yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah 5 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi politeknik NSC Surabaya kelas pagi yang terdaftar sebagai mahasiswa semester 1 yang aktif untuk tahun ajaran 2017/2018 dan 5 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi politeknik NSC Surabaya kelas malam yang terdaftar sebagai mahasiswa semester 1 yang aktif untuk tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan setelah UTS untuk menganalisis pemahaman mereka setelah mengikuti setengah kelas pengantar Akuntansi. Penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui apakah ada perbedaan pemahaman tentang akuntasi bagi kelas pagi yang belum pernah bekerja namun mempunyai waktu lebih banyak untuk belajar dibanding dengan mahasiswa malam yg telah mempunyai pengalaman bekerja namun mempunyai waktu yang jauh lebih sedikit untuk belajar karena pembagian waktu untuk kuliah dan bekerja.

Published
2018-09-24
How to Cite
SIDHARTA, Thomas Khrisna. ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWI AKUNTANSI KELAS PAGI DAN MALAM DALAM MATA KULIAH DASAR-DASAR AKUNTANSI (STUDI PADA MAHASISWA AKUNTANSI diploma 3 Politeknik NSC Surabaya). JBT (JURNAL BISNIS dan TEKNOLOGI), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 43-47, sep. 2018. ISSN 2356-2544. Available at: <https://nscpolteksby.ac.id/ejournal/index.php/jbt/article/view/76>. Date accessed: 19 june 2019.