IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERTEMA PROFESI UNTUK EDUKASI DAN HIBURAN DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN EFFECT HOUSE
DOI:
https://doi.org/10.62045/jbt.v12i2.424Keywords:
Augmented reality, Effect House, Interaktivitas pengguna, Profesi, Edukasi digitalAbstract
Perkembangan teknologi Augmented Reality (AR) telah menghadirkan inovasi baru dalam dunia edukasi dan hiburan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi AR bertema profesi melalui platform Effect House sebagai media interaktif yang dapat meningkatkan partisipasi dan ketertarikan pengguna, khususnya kalangan pelajar dan remaja, dalam mengenal berbagai pilihan karier setelah lulus. Metode yang digunakan dalam pengembangan efek ini adalah pendekatan eksperimental dengan tahapan perancangan visual, pemrograman efek interaktif, dan uji coba pengguna secara terbatas. Hasil implementasi menunjukkan bahwa efek AR bertema profesi mampu menciptakan pengalaman yang menyenangkan sekaligus edukatif, dengan respons positif dari pengguna terhadap aspek visual, interaktivitas, dan relevansi tema. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Effect House sebagai platform kreasi AR memberikan peluang besar dalam penyampaian pesan edukatif secara kreatif dan adaptif terhadap perkembangan media digital. Efek ini berpotensi menjadi sarana komunikasi edukatif yang menarik di era digital, khususnya dalam konteks pengenalan profesi sejak dini.