Implementasi Augmented Reality (AR) menggunakan Assemblr untuk Media Pembelajaran Anak Sekolah Luar Biasa

Authors

  • rizky aprian hidayah Politeknik NSC Surabaya
  • Arief Budijanto Politeknik NSC Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.62045/jbt.v12i2.421

Keywords:

Augmented Reality, Assemblr EDU, Media Pembelajaran, Sekolah Luar Biasa, Pendidikan Inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) menggunakan platform Assemblr guna mendukung proses belajar siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB). Pembelajaran konvensional sering kali kurang efektif dalam menyampaikan materi abstrak kepada siswa berkebutuhan khusus. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dengan guru kelas, serta dokumentasi aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Analisis dilakukan secara deskriptif untuk menginterpretasikan temuan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AR melalui Assemblr mampu meningkatkan minat belajar, membantu siswa dalam memahami materi secara visual, dan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Namun demikian, beberapa kendala ditemukan, seperti keterbatasan perangkat dan perlunya pendampingan intensif selama proses pembelajaran. Secara keseluruhan, implementasi AR berpotensi menjadi solusi efektif dalam pembelajaran di SLB, khususnya sebagai media pembelajaran inklusif yang adaptif. Penelitian ini memberikan kontribusi sebagai dasar pengembangan media digital interaktif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa berkebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-07-29